Jakarta-Palembang; Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

Jakarta-Palembang; Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

Palembang, Kabarindo- Presiden Olympic Council of Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al Fahad Sabah menyetujui Indonesia dengan dua penyelenggara yakni Sumatera Selatan dan DKI Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Presiden OCA menyampaikan persetujuan terhadap Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games saat pertemuan Gubernur Sumsel Alex Noerdin berserta Ketua Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo di Kuwait beberapa hari lalu.

Hal itu disampaikan lugas oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sumsel Irene Camlyn Sinaga di Palembang, akhir pekan ini.

Dia mengatakan bahwa Ketua KOI menyampaikan kesungguhan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games. Dengan memastikan bahwa ada dua provinsi sebagai penyelenggara yakni Sumatera Selatan dan DKI Jakarta akan turut mendukung kesuksesan pagelaran olahraga terbesar di Asia tersebut.

Dalam pernyataannya sendiri Rita Subowo yang mewakili Indonesia menyampaikan kesungguhan dan komitmen sebagai tuan rumah untuk bekerja keras dan memberikan garansi kesungguhan dan dukungan baik politis, keamanan maupun pendanaannya.

"Baik Sumsel maupun Jakarta sama sama menyatakan kesiapan untuk turut mendukung sebagai provinsi pelaksana Asian Games tersebut," ujarnya.

Karo Humas juga menyampaikan bahwa pesta olahraga internasional itu tidak memungkinkan diselenggarakan pada satu provinsi saja sehingga dipilih Sumsel dan DKI Jakarta. OCA sendiri akan melakukan penilaian kembali ke Indonesia dengan melakukan kunjungan.Salah satu hal penting yang menjadi penilaian provinsi tuan rumah nantinya yakni ketersediaan sarana pertandingan untuk cabang olahraga katagori Olympic, ujar dia.

Sementara Sumsel sendiri telah memiliki ketersediaan fasilitas pertandingan tersebut seperti renang, menembak, atletik dan lain sebagainya dengan standar internasional. Yang jelas Sumsel siap menjadi tuan rumah Asian Games karena sudah berpengalaman dalam berbagai pertandingan internasional seperti SEA Games, Ismalic Solidarity Games serta lainnya seperti dilansir dari laman beritasatu.