Jakarta Utara Hari Ini; Siap Terima Penghargaan Lingkungan

Jakarta Utara Hari Ini; Siap Terima Penghargaan Lingkungan

Jakarta, Kabarindo- Pemerintah Kota Jakarta Utara menerima penghargaan kepedulian lingkungan dari Presiden Joko Widodo terkait program penanaman satu miliar pohon.

"Kami akan menerima penghargaan dari Presiden, dan Sabtu (28/11) saya ke Wonogiri, Jawa Tengah, untuk mengikuti pengarahan terkait agenda ini," kata Pelaksana tugas Wali Kota Jakarta Utara Tri Kurniadi di Jakarta, Kamis.

Tri menjelaskan Jakarta Utara giat melakukan penanaman pohon sejak 2013 dengan kisaran pohon yang telah ditanam sekitar 500-600 ribu batang.

Selain melakukan penanaman, Pemkot Jakarta Utara juga terus memperbaiki fasilitas umum yang masuk ke dalam kategori kawasan hijau.

"Sampai sekarang Hutan Kota Kemayoran dan Taman Suaka Kapuk Muara masih kami jaga, lalu sekarang kita juga sedang bangun hutan kota di Rorotan," kata Tri.

Menurutnya, walaupun lahan di Jakarta Utara didominasi sektor industri berat, namun komitmen Pemkot Jakarta Utara pada pelestarian lingkungan terus berjalan.

Program penanaman satu miliar pohon atau "One Billion Indonesian Tree" (OBIT) telah dicanangkan sejak tahun 2010, dan hingga 2013 total pohon yang telah ditanam di seluruh Indonesia mencapai 1,8 miliar batang.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan program yang dimulai pada masa pemerintahan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut adalah kegiatan yang sangat baik.

"Apa yang sudah baik dari pemerintahan lalu akan kami teruskan, termasuk menanam," kata Siti di Jakarta, beberapa waktu lalu.