JakMar 2013; Siap Di Gelar 27 Oktober Mendatang

JakMar 2013; Siap Di Gelar 27 Oktober Mendatang

Silang Monas Barat Daya, Jakarta, Kabarindo- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) beserta dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Mereka siap menggelar Mandiri Jakarta Marathon 2013 dengan tajuk “Festival City Marathon”.

Hingga saat ini, sudah 5500 orang mendaftar Mandiri Jakarta Marathon 2013, bahkan tercatat 750 pelari dari 41 (empat puluh satu) negara telah menyatakan keikutsertaannya di event berskala International ini.

Beberapa selang lalu,  preskon telah menghadirkan Menparekraf RI Mari Elka Pangestu bersama dengan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, Menpora Roy Suryo, Wamen Parekraf Sapta Nirwandar dan dari pihak Bank Mandiri, Inspiro, Dyandra, ASO dan lainnya. Termasuk Dirut Bank Manidiri Budi Gunadi Sadikin.

Dijelaskan dalam ajang Mandiri Jakarta Marathon 2013 dilombakan lima nomor lari yaitu Full Marathon 42,195 km, Half Marathon 21km, 10K, 5K dan ada juga untuk Maratoonz atau Childrens Sprint berjarak 1,3km saja.

Rute Jakarta Marathon 2013 sepanjang 42,195km dengan rute melalui sudut-sudut keanggunan situs peninggalan sejarah jadi bisa untuk berwisata kota yang dimulai dari Silang Monas Barat Daya sebagai tempat start, lalu menuju Budi Kemulian ke arah Abdul Musi melintasi Jl.Majapahitenuju kawasan kota tua lalu berbelok ke Juanda melintasi Gedung Kesenian Jakarta PT Pos Indonesia dengan bangunan peninggalan Belandanya, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal menuju Bunderan HI melintasi MH Thamrin berbelok ke Imam Bonjol.lalu menuju Kuningan Rasuna Said, Gatot Subroto ke arah jembatan Semanggi lalu berbelok ke Jl.Asia Afrika, Hang Tuah Sisingamangaraja menuju jalur protokol Jend Sudirman kembalo.ke Thamrin dan FINISH di silang Monas Barat Daya.

Menarik karena event ini.berskala internasional dan difasilitasi oleh Wamenparekraf Sapta Nirwandar selaku Chairman Jakarta Marathon.

"Sudah resmi dibuka pendaftaran JakMar 2013 di ajang Sport & Running Expo Paris Marathon, Perancis 4 April lalu sudah ada pendaftar 900 pelari dari 43 negara, diantaranya para pelari elit dunia antara lain Kenya, Ethiopia, dan Belarusia berharap jadi pemenang dengan hadiah Milyaran rupiah. Sudah ada 5.800 pelari yang mendaftar," papar Sapta lugas.

Sementara itu dalam statement persnya, hal senada disampaikan oleh Menparekraf dan Jokowi bahwa even Marathon International JakMar 2013 bertajuk Festival City Marathon menempatkan Jakarta sebagai destinasi sport tourism dunia.

Acara ini didukung sepenuhnya oleh International Association of Athletics Federations (IAAF), Amaury Sport Organization (ASO), Persatuan Atletik seluruh Indonesia (PASI) dan pihak lainnya.

Ajang bergengsi ini telah dikalibrasi oleh IAAF dengan menerbitkan setifikasi rute Jakarta Marathon 2013 dengan nilai A dan tingkat elevasi rute 0 m/km dan berlaku hingga 5 tahun mendatang.

Ditargetkan ada 17 elit pelari.dunia dengan 10.000 pelari

"Saya menyambut.baik Jakarta jadi tuan rumah dengan bantuan 10M untuk mendukung Sport Tourism jadi marketing kota 10M tidak ada masalah untuk memperkenalkan kota Jakarta ke dunia," papar lugas Jokowi yang menjelaskan alokasi dana tersebut di ambil dari anggaran Dinas Pariwisata dan Dispora DKI.

Lanjut dalam sambutan Menparekraf, Mari Elka Pangestu yang mengaku warga Jakarta dan suka daerahnya jadi tuan rumah mencontohkan dengan tour de singkarak ada perbaikan jalan dan infrastruktur lainnya. "Saya akan ikut berpartisipasi untuk 5 K dan berharap ada sambutan masyarakat yang antusias dengan yel-yel dan ini disukai oleh para pelari dunia. Kemenparekraf mendukung dan mempopulerkan sport tourism dengan hadirnya 750 pelari asing ," ucap Mari tersenyum simpul.


Cu On The End of October 2013 .......................!