JPMN Dukung Beroperasinya Pabrik Semen Indonesia; Di Rembang

JPMN Dukung Beroperasinya Pabrik Semen Indonesia; Di Rembang

Surabaya, Kabarindo- Jaringan Pemuda dan Mahasiswa Nusantara (JPMN) berharap pemerintah pusat segera meresmikan beroperasinya pabrik semen di Rembang milik PT Semen Indonesia Tbk.

Menurut Ahmad Fikri, Ketua JPMN, harapan tersebut disuarakan mengingat Gubernur Jawa Tengah telah mengeluarkan izin lingkungan pada pertengahan Februari 2017,  setelah PT Semen Indonesia menuntaskan berbagai kelengkapan Amdal sesuai keputusan MA.

”Kami mendukung segera beroperasinya pabrik semen di Rembang, karena tak ada lagi dampak negatif terhadap lingkungan seperti dikhawatirkan pihak tertentu,” ujarnya dalam rilis yang diterima pada Selasa (21/3/2017).

Ahmad mengatakan, ada empat alasan agar pemerintah pusat mendukung beroperasinya pabrik tersebut. Pertama, keberadaan pabrik semen Rembang bakal memicu bergulirnya perekonomian masyarakat di lingkungan sekitar pabrik yang bisa dirasakan secara langsung.

Kedua, pemerintah sedang fokus membangun infrastruktur yang memerlukan semen. Ketiga, PT Semen Indonesia yang merupakan perusahaan milik negara atau BUMN, telah menanamkan investasi sekitar Rp.4,9 triliun.

Keempat,  PT Semen Indonesia merupakan perusahaan BUMN yang selakyaknya didukung semua pihak agar sanggup bersaing dengan perusahaan-perusahaan semen asing yang mulai berekspansi di pulau Jawa.

“Pemerintah Indonesia diharapkan mampu melindungi perusahaan milik negara yang menjadi asetnya. Jika pabrik semen Rembang dengan kapasitas 3 ton per tahun ini gagal beroperasi, dikhawatirkan bakal mencoreng iklim investasi di Indonesia dan membuat investor asing was-was,” kata Ahmad.