JK Pagi Ini; Buka Rakernas INSA

JK Pagi Ini; Buka Rakernas INSA

Jakarta, Kabarindo- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Pagi ini meresmikan pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Indonesian National Shipowners Association (INSA) atau Asosiasi Pemilik Kapal Nasional Indonesia

Pembukaan Rakernas yang digelar di Kantor Wakil Presiden, Jalan Veteran III bertajuk “Insan Pelayaran Siap Menjadi Pendorong Utama Mewujudkan Poros Maritim Dunia” akan berlangsung pada 10-11 Desember.

Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto mengatakan, para pelaku usaha di bidang industri pelayaran nasional siap mendukung program pemerintah menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia melalui pembangunan tol laut (maritime highway).

“Kami siap membantu pemerintah membangun kemaritiman nasional untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” ujar Carmelita di Jakarta, Rabu (10/12).

Dia mengatakan, saat ini INSA sudah mengusulkan kepada pemerintah mengenai pengembangan dua rute utama pelayaran yaitu, Jakarta-Surabaya-Makassar-Sorong dan Belawan-Jakarta-Surabaya-Makassar-Bitung.

Di kedua rute itu, lanjutnya, kalangan operator pelayaran telah mengoperasikan kapal kontainer berkapasitas 1.000 TEUs -1.500 TEUs.

"Kami sudah mengoperasikan kapal berkapastias 1.000 TEUs - 1.500 TEUs dan menambahkan rutenya di kedua jalur utama," kata Carmelita seperti dilansir dari laman beritasatu.