Iwan Fals; Edukasi Publik Untuk Jaga Kebersihan

Iwan Fals; Edukasi Publik Untuk Jaga Kebersihan

Palu, Kabarindo- Penyanyi balada legendaris Iwan Fals mengajak warga Kota Palu menjaga kebersihan di sela konser musik yang berlangsung di Bukit Nur Kota Palu, Sabtu.

Saat tiba di Kota Palu ,Jumat (15/8), Iwan Fals mengaku masih menjumpai banyak sampah berserakan di sejumlah sudut Ibu Kota Sulawesi Tengah ini.

"Sebenarnya kota ini sudah bersih tetapi masih ada sejumlah titik yang kotor. Mari kita jaga kebersihan bersama-sama," kata penyanyi bernama asli Virgiawan Listanto ini.

Di pertunjukan yang dihadiri ribuan penonton itu Iwan Fals juga menyanyikan sejumlah lagu bertemakan lingkungan hidup seperti "Sampah" dan "Hijau", selain belasan tembang yang telah akrab di telinga penggemarnya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk mengolah sampah agar bisa menghasilkan uang sekaligus menjaga kebersihan.

Suami Rosana mencontohkan ada sebuah unit usaha yang tidak jauh dari rumahnya di Depok, Jawa Barat, yang bisa mengelola sampah menjadi berbagai produk dengan omzet hingga Rp100 juta per bulan.

"Ini perlu dicontoh. Mari kita jaga kebersihan dari lingkungan kita masing-masing agar sehat, sekaligus menghasilkan duit," katanya.

Kehadiran Iwan Fals ke Kota Palu itu dalam rangka menghadiri Jambore Selebes OI Bersatu yang berlangsung sejak 14 Agustus 2014.

Jambore itu diikuti Ormas OI dari seluruh Provinsi Sulawesi Tengah serta turut dihadiri perwakilan dari Bali, Kutai Kertanegara dan Jakarta. OI adalah organisasi yang dibentuk Iwan Fals pada 16 Oktober 1999.

Selain itu, Iwan Fals juga turut menanam pohon di beberapa titik ditemani sejumlah pejabat di Kota Palu seperti dilansir dari laman antaranews.