Isuzu; Ingin Jadi Market Leader

Isuzu; Ingin Jadi Market Leader

Surabaya, Kabarindo- PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) berharap menjadi market leader dalam penjualan light truck dan medium truck secara nasional.

General Manager Marketing IAMI, Edy Jusuf Oekasah, mengatakan pihaknya berusaha meningkatkan penjualan truk di pasaran dan menargetkan bisa meraih market share 35%-38% pada 2018.

“Untuk itu, kami akan memperkuat lini produk yang disesuaikan kebutuhan konsumen segmen kendaraan komersial,” ujarnya dalam Pameran Otomotif Surabaya 2013 yang berlangsung di Grand City selama 27 November – 1 Desember.

Edy menyebutkan, light truck IAMI pada tahun ini sudah meraih market share 16,9%, sedangkan market share medium truck saat ini 16%. Ia menargetkan, angka ini meningkat jadi 20% pada 2014.

Edy mengatakan, penjualan Isuzu di Indonesia hingga Oktober lalu mencapai 26.200 unit. Pihaknya menargetkan angka ini bakal mencapai 31 ribu unit pada akhir tahun. Dari jumlah ini, penjualan dari Jatim sekitar 3,000  unit. Market share Isuzu di Jatim 17,8%.

Marcom Manager PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Maman Fathurohman, menyebutkan market share Elf di pasar kendaraan komersial mencapai 17%. Elf dari jenis light truck saat ini berkontribusi 68,7% dari total penjualan Isuzu. Sedangkan Giga dari jenis medium truck menyumbang penjualan 10,69%. Sisanya 21% disumbang oleh light commercial vehicle (LCV) diantaranya Isuzu Panther dan D-Max.

Menurut Edy, pihaknya akan fokus pada penjualan truk karena segmen ini nantinya akan didongkrak pertumbuhan industri logistik dan infrastruktur yang terus berkembang. Untuk itu, IAMI sudah menyiapkan produk sesuai kebutuhan pasar. Misalnya Isuzu mengeluarkan varian khusus truk mixer semen untuk pasar infrastrutur.

Isuzu akan membangun pabrik di atas lahan 3000 hektar di Karawang pada 2014. Pabrik baru ini akan menjadi pusat produksi truk untuk pasar Asia terutama negara - negara berkembang. Kapasitas produksi pabrik 50 ribu - 80 ribu unit. Angka ini naik dari kapasitas pabrik sebelumnya sekitar 30 ribu unit.

Dalam POS 2013, IAMI  mengusung All New Isuzu D-Max untuk kategori double cabin. Mobil ini terdiri dari dua jenis mesin yaitu 3000 cc dan 2500 cc. Memiliki desain baru dengan tingkat keamanan lebih tinggi, ketangguhan mesin yang andal dan hemat bahan bakar. All New Isuzu D-Max didatangkan dalam bentuk CBU dari pabrikan di Thailand.

Maman mengatakan, pihaknya tidak mematok target penjualan dalam event tersebut karena lebih banyak menjual kendaraan komersial daripada kendaraan penumpang.