Irman Gusman; Pimpin Upacara Tabur Bunga diatas KRI Makassar 590

Irman Gusman; Pimpin Upacara Tabur Bunga diatas KRI Makassar 590

Jakarta, Kabarindo- Peringatan Hari Pahlawan 2013 yang jatuh pada hari ini Minggu, 10 November 2013 diwarnai oleh sejumlah kegiatan, diantaranya tabur bunga di laut dan mengheningkan cipta di seluruh Indonesia.

Di Jakarta, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman bertindak sebagai Inspektur Upacara memimpin upacara tabur bunga di perairan Teluk Jakarta.

Tepat pukul 06.30 WIB kapal KRI Makassar-590 yang bersandar di Dermaga JICT-II Tanjung Priok, Jakarta Utara mulai berlayar ke perairan teluk Jakarta.

Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang gugur dalam perjuangan merebut kemerdekaan dan pada pukul 08. 15 WIB, seluruh peserta upacara mengheningkan cipta dilanjutkan dengan pelarungan karangan bunga ke laut oleh Irman Gusman.

"Tabur bunga merupakan tradisi yang dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan," kata Irman Gusman usai upacara tabur bunga di perairan teluk Jakarta,(10/11).

Menurutnya, peringatan untuk mengenang jasa pahlawan jangan menjadi tradisi semata, melainkan harus dimaknai dengan tepat oleh generasi penerus bangsa.

“Para pahlawan itu harus menjadi idola, artinya kaum muda wajib untuk meneladani semangat dan cita-cita luhur dari para pejuang. Indonesia perlu melahirkan anak-anak muda yang memiliki jiwa kepahlawanan,” ungkapnya.

Irman menjelaskan, saat ini situasinya lebih sulit untuk generasi muda untuk mempertahankan apa yang telah dirintis oleh para pejuang. Sejumlah persoalan bangsa seperti pemberantasan korupsi dan penegakan hukum menjadi tantangan terberat.

 “Era globalisasi yang penuh persaingan seperti sekarang ini, memaksa generasi muda untuk berusaha lebih keras lagi. Bangsa ini membutuhkan generasi yang tidak memikirkan diri sendiri dan sikap rela berkorban,” tegas Irman.