Inkubator Komunitas Startup Indonesia; Siap Diluncurkan

Inkubator Komunitas Startup Indonesia; Siap Diluncurkan

Jakarta, Kabarindo- Bekerja sama dengan Ciputra serta sejumlah partner lain, GEPI (Global Entrepreneurship Program Indonesia) akan segera meluncurkan dibentuknya sebuah inkubator komunitas startup Indonesia khususnya, di Jakarta.

Sebagaimana disampaikan pihak GEPI melalui rilisnya belum lama ini, inkubator (semacam pusat atau wadah pengembangan) komunitas startup ini sendiri merupakan sebuah inisiatif terbaru GEPI, yang akan diwujudkan untuk pertama kalinya terutama di Jakarta. Dikatakan pula, rencana untuk mendirikan inkubator ini sendiri sudah ada dalam agenda Direktur Eksekutif GEPI, Mark Wang, sejak tahun lalu.

Kini, dengan dukungan dari Ciputra dan sejumlah partner lain, GEPI pun segera akan meluncurkan inkubator tersebut di kuartal keempat tahun ini. Sebagai latar belakang, GEPI sendiri adalah sebuah inisiatif dari US State Department untuk mengembangkan kewirausahaan sebagai pilar utama bagi pembangunan ekonomi di negara-negara yang sedang berkembang.

Disebutkan, sejumlah pelaku utama dalam komunitas startup telah bermitra dengan GEPI untuk mewujudkan inkubator ini sebagai pusat komunitas startup. Ttermasuk di antaranya yaitu Universitas Ciputra Entrepreneurship Pusat, Founder Institute, Mobile Monday, Daily Social, Startup Lokal, Tech Asia, Grupara, Ideosource, Merah Putih, East Ventures, Sea Mountain Ventures, serta BeritaSatu.com.

Terkait peluncuran inkubator tersebut, GEPI bersama mitranya saat ini sedang dalam proses sebuah kontes online yang melibatkan komunitas startup berpartisipasi. Tepatnya, komunitas startup dilibatkan dalam memberikan nama bagi wadah ini, dengan pengusulan nama sudah dimulai sejak 29 Juli lalu dan resmi berakhir pada 11 Agustus kemarin, melalui situs www.incubatejakarta.com.

Dalam kontes ini, berikutnya GEPI dan mitranya akan memilih lima usulan nama terbaik. Lantas, lima besar nama itu akan diumumkan pada Senin (19/8) depan, di mana komunitas startup pun kemudian akan memilih satu nama terbaik. Tentunya, ada hadiah bagi pengusul nama terpilih, yaitu paket makan malam gratis untuk berdua di Pad 28, sebuah restoran di kawasan SCBD, Jakarta dilansir dari laman beritasatu.

Sementara sebelumnya disebutkan, lokasi inkubator tersebut akan berada di Lotte Shopping Avenue 9th Floor, yang akan menjadi pusat komunitas startup di Jakarta, Indonesia, serta dari luar Indonesia. Lebih jauh, program-program GEPI sendiri secara online bisa disimak terutama lewat situs www.gepindonesia.org.