Indosiar Punya Acara Baru; Siap Tayangkan DAcademy

Indosiar Punya Acara Baru; Siap Tayangkan DAcademy

Jakarta, Kabarindo- Musik dangdut adalah musik yang sudah memasyarakat, semua lapisan masyarakat dan beragam kelas sosial dapat menikmati jenis musik ini.

Genre musik dangdut rasanya saat ini sedang bergelora menguasai berbagai program televisi di Indonesia. Dengan berbagai terobosan-terobosan baru dan modern dalam menampilkan tayangan dangdut, beberapa televisi mampu meraih share yang sangat tinggi.

Untuk itu di tahun 2014, indosiar juga tak mau ketinggalan memanfaatkan momentum ini dengan membuat program yang bergenre dangdut. Program D'Academy, yang berarti Dangdut Academy, merupakan ajang pencarian bakat menyanyi Dangdut terbesar di Indonesia, dengan treatment yang  fresh  dan berbeda dari program pencarian bakat yang pernah ada. Dari program ini akan  melahirkan generasi terbaru dari dunia musik Dangdut, dengan tampilan yang lebih fresh dan energic.

Tak dapat dipungkiri bahwa salah satu kunci kesuksesan program talent search terletak pada kekuatan Juri.

Untuk itu, D'Academy menggandeng para juri yang kompeten, fenomenal, sukses dan popular di dunia Entertainment Indonesia saat ini, seperti Inul Daratista, Iis Dahlia, Zaskia Gotik dan Saipul Jamil. Karakter yang kuat dan berbeda dari masing-masing juri ini diharapkan dapat memberikan sebuah tayangan interaktif yang menghibur dan tentunya mampu melahirkan generasi dangdut masa kini yang berkualitas tinggi. Penampilan dan keahlian peserta dalam menyanyikan lagu dangdut adalah point utama yang akan dijadikan parameter penilaian oleh juri dan penonton.  Juri akan menjadi komentator yang akan memberikan penilaian dan masukan terhadap penampilan peserta secara keseluruhan dan juga sebagai penentu siapa yang akan tereleminasi. Namun untuk menentukan siapa yang harus keluar, juri akan memilih dari 3 peserta terbawah menurut perolehan polling SMS. Dalam satu musim kompetisi juri diberikan Hak Veto, yang hanya bisa digunakan 1 kali. Hak veto tersebut merupakan hak juri untuk meniadakan proses eliminasi di satu episode tertentu.

Untuk mengikuti program ini, para peserta dapat mendaftarkan diri melalui 2 jalur audisi, yaitu audisi umum dan audisi khusus. Audisi umum akan dilaksanakan di 5 kota besar di Indonesia, masing-masing selama 2 hari mulai tanggal 3-4 Desember 2013 di kota Medan, 11 Desember 2013 di Makasar ,  18 Desember  di  Surabaya, 8 Januari  di Kota Bandung dan terakhir 14-15 Januari  di Jakarta. Proses penjurian akan dihadiri oleh 2 juri utama untuk masing-masing kota. Audisi khusus akan dilakukan dengan menggunakan Bis Audisi yang akan roadshow ke beberapa radio di daerah mulai dari Cirebon, solo, purwokerto, Tasikmalaya dan terakhir kota serang mulai tanggal 1 hingga 16 desember 2013.

Untuk para talenta dangdut yang berada di luar kota audisi, sangat diharapkan dapat mengikuti audisi di kota-kota audisi yang terdekat. Proses audisi khusus ini bekerjasama dengan radio-radio yang akan menjaring  30 peserta terbaik dari masing-masing kota.