Indosat Siapkan 8 Produk M2M; Tahun 2015

Indosat Siapkan 8 Produk M2M; Tahun 2015

Jakarta, Kabarindo- Indosat menawarkan solusi machine to machine (M2M) berupa layanan Vehicle Telematics.

Solusi ini akan membantu perusahaan mengelola armada kendaraan operasional secara efisien dan efektif dengan biaya operasional tak lebih dari Rp 150 ribu per bulan.

Joy Wahjudi, Director & Chief Sales & Distribution Officer Indosat, mengatakan, hampir semua perusahaan memiliki armada operasional. Ada juga perusahaan yang bergerak memberikan jasa distribusi/pengiriman yang memiliki armada dalam jumlah besar.

"Kami percaya solusi Vehicle Telematics ini dibutuhkan sehingga perusahaan dapat melakukan berbagai analisa untuk meningkatkan performansi dan produktivitas, mengurangi biaya/efisiensi serta pengawasan keselamatan pengemudi maupun aset perusahaan," kata Joy Wahyudi di Jakarta, Selasa (28/2).

Joy Wahyudi mengatakan, bisnis M2M Indosat masih kecil terhadap keseluruhan bisnis Indosat, tapi potensinya ke depan sangat besar. Tahun ini, pihaknya akan terus meluncurkan berbagai solusi M2M.

Aries Sulaksono, M2M Partnership & Business Development Manager Indosat, mengatakan, dalam tahun ini Indosat akan meluncurkan delapan produk M2M. "Ini belum termasuk proyek-proyeknya, seperti proyek smart city, dan lain-lain," kata dia.

Hingga saat ini, lanjut Aries, produk M2M Indosat yang telah beredar di pasaran adalah Electronic Data Capture (EDC), dan Anjung Tunai Mandiri (ATM) menggunakan koneksi seluler.

"Kalau ATM, kami tawarkan dual carrier. Artinya, selain kartu SIM Indosat, ada kartu SIM dari operator lain sebagai back up," kata Aries.

Sedangkan produk M2M yang sedang disiapkan Indosat antara lain adalah Auto Meter Reading (AMR). Saat ini, produk AMR ini sedang diuji coba dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero.

"Ini adalah layanan pencatat meteran listrik jarak jauh. Jadi, dengan alat ini, petugas PLN tak perlu lagi datang ke rumah-rumah untuk mencatat meteran listrik," kata dia seperti dilansir dari laman antaranews.