Indosat Serah Terimakan; Aplikasi Surabaya Zoo

Indosat Serah Terimakan; Aplikasi Surabaya Zoo

Surabaya, Kabarindo- PT Indosat Tbk. mendukung upaya konservasi satwa oleh Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang diwujudkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Herfini Haryono, Chief Information Officer Indosat, dengan Aschta Anita Boestani Tajudin, Pjs. Direktur Utama Kebun Binatang Surabaya (KBS), yang disaksikan oleh Dr. (Hc) Ir. Tri Rismaharini M.T, Walikota Surabaya di Balai Kota beberapa waktu lalu.
 
Bentuk dukungan Indosat tersebut berupa aplikasi mobile Surabaya Zoo dan dukungan terhadap konservasi satwa melalui program adopsi satwa, pengembangan sarana dan prasarana kebun binatang.
“Kami gembira dengan peluncuran aplikasi Surabaya Zoo ini sebagai wujud komitmen untuk terus berinovasi dan mendukung karya terbaik anak bangsa. Kami berharap, aplikasi mobile edutainment ini menjadi sarana upaya pengumpulan dana yang transparan (auditable) untuk membantu konservasi serta sarana edukasi secara digital tentang kebun binatang, sekaligus dapat mendorong dan meningkatkan minat masyarakat dan wisatawan untuk berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya,” ujar Herfini Haryono.
Surabaya Zoo merupakan aplikasi mobile yang menyajikan berbagai informasi seputar KBS yang bermanfaat bagi pengunjung seperti informasi binatang yang dimiliki, jadwal atraksi binatang, peta digital area kebun binatang, permainan interaktif dan berbagai fasilitas di area kebun binatang. Aplikasi ini mempunyai tampilan yang menarik, mudah digunakan, interaktif dan menyenangkan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara karena memiliki fasilitas dwi-bahasa.
Surabaya Zoo dibuat sebagai bagian dari kegiatan tanggung jawab perusahaan (CSR) Indosat untuk memperluas pemahaman dan apresiasi masyarakat tentang fungsi taman satwa, sekaligus mendukung pelestarian satwa Indonesia, khususnya yang dikelola di Kebun Binatang Surabaya. Aplikasi ini merupakan inisiatif dari Indosat untuk menerapkan teknologi telekomunikasi sebagai media donasi melalui menu Donate & Gives Loves.
Surabaya Zoo Apps menyajikan menu Donate & Gives Loves yang mengajak masyarakat berpartisipasi untuk membantu konservasi melalui program SMS donasi untuk hewan favorit pilihannya. Nilai nominal donasi dapat dipilih sebesar Rp. 2.000, Rp. 5,000, Rp.10.000, Rp.25.000 dan Rp.50.000. Program ini dapat diikuti oleh pelanggan Indosat.
Surabaya Zoo dihadirkan Indosat bersama pengembang lokal anak bangsa yang merupakan technopreneur muda yaitu Sandy Colondam. Ia pernah 5 kali memenangi program Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC), kompetisi inovasi aplikasi wireless yang diadakan Indosat tiap tahun sebagai bagian dari kegiatan CSR perusahaan untuk terus mendorong generasi muda Indonesia menciptakan berbagai aplikasi mobile.
Masyarakat dapat menikmati aplikasi ini dengan menggunakan operator manapun yang memiliki smartphone berbasis sistem operasi Android dengan mengunduh aplikasi Surabaya Zoo melalui layanan Google Play Store secara gratis.
Sebelumnya, Indosat juga meluncurkan aplikasi Ragunan Zoo pada akhir Mei lalu sebagai dukungan implementasi smart city yang dicanangkan pemerintah.
Aschta Nita mengatakan, Surabaya Zoo memudahkan masyarakat berpartisipasi membantu konservasi KBS dan menjadi edukasi digital  tentang KBS. Aplikasi ini diharapkan meningkatkan nilai KBS sebagai salah satu tujuan wisata yang diperhitungkan wisatawan.
Risma menambahkan, KBS adalah milik masyarakat Surabaya, sedangkan Pemkot Surabaya sebagai pengelola. Karena itu, ia mengajak seluruh pihak terkait untuk memelihara KBS yang telah bertahun-tahun menjadi salah satu ikon Surabaya dan pernah menjadi kebun binatang terbesar di Asia Tenggara.
“Saya mohon semuanya ikut mendukung KBS agar tetap menjadi kebanggaan Surabaya. Kita bangun KBS menjadi lebih baik,” ujarnya.
Risma menekankan, KBS harus dipertahankan. Selain sebagai tujuan wisata, KBS menjadi tempat pendidikan anak-anak untuk mengenal dan mempelajari tentang hewan.
“Dimana lagi anak-anak bisa tahu tentang bermacam hewan kalau bukan di kebun binatang? Kalau orang-orang kaya bisa jalan-jalan ke taman safari di luar kota atau bahkan ke luar negeri. Kalau masyarakat biasa cukup ke KBS yang berada di tengah kota Surabaya,” ujarnya.