Indosat Sambut Ramadhan; Siap Tambah Kapasitas

Indosat Sambut Ramadhan; Siap Tambah Kapasitas

Jakarta, Kabarindo- Jelang bulan Ramadhan, penyedia jasa layanan selular Indosat menambah kapasitas kemampuan pada tiga layanan mereka seperti data, voice (suara) dan teks.

Menurut Division Head Network Optimization Indosat, Joko Riswanto, pihaknya sudah memprediksi kenaikan konsumsi layanan selular dan sudah melakukan antisipasi terhadap kenaikan tersebut.

"Kami sudah menyiapkan antisipasi untuk traffic jelang dan saat Ramadhan," katanya di Semarang, Rabu.

Lebih lanjut dia menyebut bahwa untuk layanan teks, pihaknya memprediksi kenaikan sebesar 15 persen pada awal Ramadhan menjadi 910 juta SMS per hari dan 31 persen pada saat Ramadhan 1.038 juta SMS per hari.

Sedangkan penggunaan voice diprediksi ada kenaikan 7,6 persen pada awal Ramadhan yakni 6,6 juta Erlang per hari dan 11,18 persen pada hari Ramadhan yakni 6,8 juta Erlang per hari.

"Kami sudah menyiapkan kapasitas teks sebesar 1,45 miliar SMS dan 15,4 juta Erlang per hari," katanya.
Lebih lanjut, Joko menyebut bahwa kenaikan penggunaan layanan lebih banyak terjadi pada layanan data.

Alasannya, penggunaan media sosial lebih banyak digunakan saat ini dibandingkan layanan voice atau teks.

Pihaknya memprediksi kenaikan sebanyak 33 persen menjadi 270 TByte per hari pada awal bulan Ramadhan dan 49 persen atau 300 TByte pada hari Ramadhan.

"Kami sudah menyiapkan kapasitas hingga 335 TByte per hari untuk layanan data," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.