Indonesia; Siap Punya Cyber Army

Indonesia; Siap Punya Cyber Army

Jakarta, Kabarindo- Rencana pemerintah membentuk cyber army semakin bulat, untuk menangkis segala serangan cyber yang setiap saat bisa mengganggu pertahanan kedaulatan RI.

Apalagi, kecenderungan perang saat ini yang berkembang mengarah ke soft power. Meski demikian, hard power dari pasukan TNI tetap dibutuhkan.

"Salah satu kecenderungan soft power itu adalah, menggunakan cyber atau dunia maya. Bahkan, beberapa kali ada yang meng-attack ke sistem pemerintahan kita," kata Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro di Makodam VII/Wirabuana, Makassar, Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.

Makanya, kata Purnomo, pemerintah Indonesia perlu membentuk cyber army ini untuk menangkal serangan musuh yang sewaktu-waktu mengganggu ketahanan RI. Bahkan, attack atau serangan melalui cyber tersebut, kerap terjadi dan diprediksi akan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

"Kita harus berjaga-jaga. Serangan seperti ini akan meningkat, dan makanya kita bentuk cyber army untuk menangkalnya," kata Purnomo, didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Budiman.