Indonesia; Siap Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional PAUD

Indonesia; Siap Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional PAUD

Jakarta, Kabarindo- Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Internasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke-15 atau Pacific Early Childhood Education Research Association (PECERA).

Konferensi yang akan berlangsung pada 8-10 Agustus 2014 di Hotel Inna Grand Bali ini mengusung tema "Hidup Rukun Melalui Pendidikan Anak Usia Dini dan Perawatan".

Fasli Jalan selaku Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sekaligus ketua panitia konferensi tersebut menjelaskan, PECERA didedikasikan untuk menyebarkan dan mendukung penelitian dalam Pendidikan Anak Usia Dini di wilayah Asia-Pasific.

"Konferensi ini diperkirakan akan dihadiri lebih dari 560 orang dari 23 negara yang terdiri dari kementerian dan lembaga terkait anak usia dini, para peneliti Indonesia dan peneliti luar negeri se-Asia Pasifik," jelas Fasli Jalal di kantor BKKBN di Jakarta, Rabu (6/8).

Konferensi ini menghadirkan 150 pembicara dari luar negeri dan empat keynote speakers dari empat benua yang merupakan para ahli di bidang PAUD. Ada 12 topik yang akan dibahas dalam sidang paralel di konferensi tersebut, antara lain kurikulum PAUD, pendidikan untuk anak-anak berkebutuhan khusus, pendidikan guru, masalah gizi, kesehatan dan keamanan anak-anak, pendidikan lingkungan, dan sebagainya.

"Konferensi ini diharapkan bisa berjalan sukses karena pendidikan anak usia dini memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia," kata Fasli Jalal seperti dilansir dari laman beritasatu.