Indonesia; Siap Hadir Pembukaan Terusan Suez Baru

Indonesia; Siap Hadir Pembukaan Terusan Suez Baru

Jakarta, Kabarindo- Utusan Khusus Presiden Joko Widodo untuk Urusan Timur Tengah dan Afrika Utara, Alwi Shihab, menghadiri upacara pembukaan Terudan Suez Baru esok Kamis (6/8).

Kepala Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Kairo Windratmo Suwarno mengatakan Alwi sudah tiba di Kairo Selasa untuk menghadiri acara itu.

Alwi mewakili Kepala Negara RI untuk memenuhi undangan Presiden Mesir Abdel Fatah Al Sisi dalam perhelatan akbar bagi terusan paling sibuk di dunia itu.

Ini kali kedua Alwi Shihab selalu Utusan Khusus Presiden Jokowi mengunjungi Mesir, menyusul kunjungan pertama Maret lalu guna bertemu dengan Presiden Al Sisi.

Misi utama lawatan Utusan Khusus Presiden RI ini untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara.

Pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Alwi juga menduduki posisi sama dengan tercatat beberapa kali mengunjungi Mesir untuk misi serupa.

Media massa setempat melaporkan, 121 negara menghadiri upacara pembukaan Terusan Suez yang dipusatkan di Kota Ismailia itu.

Sedikitnya 26 kepala negara dan atau kepala pemerintahan menghadiri undangan Presiden Al Sisi, antara lain Presiden Prancis Francois Hollande, Presiden Sudah Omer Hassan Al Bashir, Presiden Mali Ibrahim Boubacar Keita, Presiden Irak Mohamed Fuad Maksum dan Perdana Menteri Inggris David Cameron.

Terusan Suez adalah satu-satunya jalur pelayaran laut paling dekat yang menghubungkan Asia dengan Eropa.

Selama 146 tahun atau sejak dibuka pada 1869, terusan yang mengubungkan Laut Merah dan Laut Tengah itu hanya melayani satu jalur, namun dibukanya Terusan Suez Baru membuat ada dua jalur perlayaran berdampingan di terusan ini yang diperkirakan menaikkan pendapatan Mesir dari 5,3 milar dolar AS menjadi 13,3 miliar dolar setiap tahun.

Para pengamat menilai, proyek raksasa Terusan Suez Baru ini adalah prestasi terbesar Presiden Al Sisi sejak Presiden Mohamed Moursi digulingkan pada Juli 2013 seperti dilansir dari laman antaranews.