Indonesia Sambut KOLABORASA; Pameran Penutupan Kelas Pagi Jakarta Angkatan 8

Indonesia Sambut KOLABORASA; Pameran Penutupan Kelas Pagi Jakarta Angkatan 8

Jakarta, Kabarindo- Sepatutnya Anda tahu dan bangga bahwa awal Maret tahun 2014 yang lalu.

Kelas Pagi Jakarta (KPJ) Angkatan 8 memulai kegiatan belajar-mengajar mereka bersama Anton Ismael di Third Eye Space studio (Jl. Nangka I No. 6 Cipete Utara).

Sejak saat itu mereka telah menggelar beberapa pameran gerilya di public space di Jakarta, di antaranya: di Bundaran HI (CFD), di dalam gerbong commuter line jurusan Bogor-Kota, di Gelora Bung Karno, di Blok M, dan di Taman Suropati.

Pameran besar pertama mereka yang berlangsung selama satu minggu di d’gallerie pada bulan Juni 2014 mampu mendulang sukses. Selain itu juga mereka telah mengadakan pameran hasil kerja sama dengan Esmod Jakarta, sebuah pameran bersama Esoa, dan sebuah pameran battle dengan Kelas Pagi Yogyakarta yang berlangsung di Kota Gudeg itu selama satu minggu penuh.

Kini, setelah hampir satu tahun masa belajar, tiba saatnya bagi KPJ Angkatan 8 untuk menggelar Pameran Penutupan sebagai penanda berakhirnya masa studi mereka di Kelas Pagi.

Pameran penutupan ini akan digelar pada tanggal 21-28 Februari 2015 dan bertempat di Galeri Cipta III, Taman Ismail Marzuki (Jl. Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat).

Tema yang diusung pada pameran kali ini adalah “KOLABORASA”. Berangkat dari sebuah kesadaran bahwa manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Demikian pula halnya dengan berbagai bidang keilmuan atau profesi yang kita geluti. Fotografi sendiri adalah sebuah bidang ilmu dan keprofesian yang cukup kuat.

Namun ketika ia berkolaborasi dengan bidang-bidang lain, misalnya saja dengan bidang tata rias, tata busana, seni olah digital, dan lain sebagainya, maka fotografi menjadi lebih kuat lagi. Tapi “KOLABORASA” yang dipropagandakan di sini bukan sekadar kolaborasi dengan bidang-bidang tadi yang sudah dekat dengan fotografi sehari-hari. Melainkan mereka menawarkan bentuk kolaborasi yang berbeda, misalnya: bisa jadi sebuah alih-wahana karya seni bila berkolaborasi dengan seniman; bisa juga hasil dari peleburan dua bidang antar-disiplin bila berkolaborasi dengan bidang yang berbeda sama sekali; atau bisa juga sebuah proyek yang menghasilkan suatu hal yang menguntungkan bagi mereka maupun bagi kolaboratornya. Pameran KOLABORASA ini memang patut diwaspadai. Sebab mereka percaya bahwa ketika fotografi bertemu dengan fotografi lagi, maka hasilnya akan jadi teknis.

Sedangkan ketika fotografi bertemu dengan bidang-bidang kehidupan lainnya, maka itu akan menjadi sebuah seni yang memiliki kedalaman pengetahuan tersendiri dan membentuk perspektif baru bagi kita sebagai makhluk sosial yang sewajarnya bersosialisasi.

Pameran ini akan dibuka dan diresmikan pada tanggal 21 Februari 2015 pukul 19:00 WIB oleh Anton Ismael. Akan ada hiburan musik akustik oleh Nino and Friends pada acara pembukaan. Kemudian pada hari kedua pameran, akan ada Artist Talk dari beberapa pamerist yang mempresentasikan proses kreatifnya dalam memproduksi karya.

Di hari Jumat tanggal 27 Februari 2015, Komunitas Kamera Lubang Jarum akan mengisi workshop Pin Hole Camera yang dibuka untuk umum dan gratis. Di hari Jumat dan Sabtu (27-28 Februari 2015) juga akan ada Pasar Barang Mantan (bazaar barang-barang tangan pertama dan tangan kedua).

Kemudian di hari penutupan, tanggal 28 Februari 2015, akan ada penampilan dari Bangku Taman, dan pemutaran film pendek hasil kolaborasi Bangku Taman dengan Gundala, di mana Gundala mengalih-wahanakan salah satu lirik lagu ciptaan Bangku Taman menjadi sebuah film pendek. Serta akan dimeriahkan oleh hiburan musik akustik dari White Shoes And The Couples Company. Fotografer ternama, Anton Ismael juga akan mengisi sharing session tentang Fashion Photography di hari terakhir ini. Dan di hari terakhir ini pula pendaftaran untuk siswa baru Kelas Pagi Jakarta angkatan 9 akan dibuka mulai pukul 11.00 siang hingga formulir pendaftaran habis.

Pameran dengan tema unik ini mendapat dukungan penuh dari rekan-rekan dan alumni Kelas Pagi Jakarta. Acara ini juga turut disponsori oleh goaheadpeople.com, Xpresi BCA, Biyensi Fashion Indo, dan Adorama Photo Lab, bersama para media partner, di antaranya: Exposure Magz, Chip Foto Video, Info Jakarta, Kabarindo, OZ Radio Jakarta, Surah, Weekepo dan Provoke!


Yuuk Hadiri...........!