Indonesia; Raih 4 Penghargaan Di CAEXPO 2013

Indonesia; Raih 4 Penghargaan Di CAEXPO 2013

Jakarta, Kabarindo- Memasuki hari kedua penyelenggaraan China-ASEAN Expo (CAEXPO), Indonesia mendapatkan setidaknya empat penghargaan, yaitu Commemoration Award for City of Charm, Best Organizer Award, Special Contribution Award dan Best
Exhibitor Award.

Ketua Delegasi Indonesia dalam pameran ini, Gusmardi Bustami,
mengatakan bahwa berbagai penghargaan tersebut menunjukkan komitmen pemerintah Indonesia untuk melakukan yang terbaik dalam mempromosikan produk Indonesia di CAEXPO.

Pameran CAEXPO kemarin (4/9), menurut Gusmardi, diisi dengan seminar perdagangan dan investasi mengenai Indonesia. Seminar bertujuan untuk meningkatkan minat bisnis dan investasi para pelaku usaha China dan ASEAN di Indonesia. Indonesia pada kesempatan ini menunjukkan potensi investasi Kota Tangerang Selatan dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Indonesia juga menawarkan kerja sama bagi para pebisnis China dan ASEAN di sektor jasa pendidikan, khususnya di Universitas Ahmad Dahlan,” ungkapnya.

Di sela-sela CAEXPO, delegasi Indonesia berkesempatan mengunjungi salah satu pelabuhan tersibuk di China bagian Selatan, yaitu pelabuhan Fangcheng di teluk Beibu. “Pemberlakuan
Zona Perdagangan Bebas China-ASEAN atau ACFTA (ASEAN-China Free Trade Agreement) telah mendatangkan peluang besar bagi perkembangan pelabuhan di teluk Beibu,” jelas Gusmardi.

Menurut Gusmardi, beberapa tahun terakhir, otoritas pelabuhan teluk Beibu terus meningkatkan kerja sama dengan pelabuhan di berbagai negara tetangga, seperti Korea Selatan, Malaysia, Singapura dan Thailand. Pelabuhan teluk Beibu ini juga melakukan kerja
sama dengan pelabuhan Pangkal Pinang di Indonesia. “Volume muatan peti kemas yang dioperasikan di pelabuhan teluk Beibu ini diperkirakan akan mencapai 300 juta ton pada tahun 2015,” tandasnya.