Indonesia Punya UNIVERSITAS BUNDA MULIA (UBM); Kampus Prestasi

Indonesia Punya UNIVERSITAS BUNDA MULIA (UBM); Kampus Prestasi

Cikini, Jakarta, Kabarindo- Anda mau kuliah dimana ?

Apa Anda tahu ? Prestasi adalah manifestasi dari pengembangan ekspresi dan kreasi akademik maupun non akademik, yang menjadi salah satu tolak ukur pencapaian suatu keberhasilan.

Di Universitas Bunda Mulia dan Akademi Pariwisata Bunda Mulia, melakukan proses pembibitan, penyemaian, dan pengembangan mahasiswa sehingga dapat mengembangkan ruang akademik dan non akademik mereka dalam bentuk pengalaman dan prestasi. Mahasiswa yang berprestasi adalah individu yang siap menghadapi tantangan global dan tuntunan dunia industri.

UBM merupakan salah satu institusi perguruan tinggi yang sangat mengedepankan pengembangan teknologi informasi dalam hal pencapaian lulusan-lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan institusi-institusi perguruan tinggi lainnya. Berbagai fasilitas pendukung perkuliahan mahasiswa/i seperti laboratorium, Bus Kampus, tempat fitnes, lapangan olahraga baik indoor maupun outdoor, The UBM Grand Auditorium, The UBM Plaza, The UBM Hall, The UBM Housing (tempat tinggal) disediakan sehingga membuat UBM memiliki fasilitas kampus yang lengkap dan modern.

Berdasarkan seleksi dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sejak Maret hingga Juni 2006 terhadap lebih dari 2.000 perguruan tinggi di Indonesia, dengan penyaringan informasi dari EPSBED, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), PHK A1, A2, A3 dan B, TPSDP, DUE, QUE dan INHERE, serta dari publik seperti Majalah Mingguan TEMPO & Webometrics, tersaring sebanyak 156 universitas yang dianggap layak untuk mengikuti seleksi ke tahap yang lebih lanjut. Sehubungan dengan seleksi lanjutan ini, UBM terpilih sebagai salah satu perguruan tinggi yang termasuk dalam 50 Promising Indonesian Universities.

Pelaksanaan pemilihan institusi-institusi pendidikan tinggi yang masuk dalam kategori Promising Universities ini, dilaksanakan dengan mekanisme evaluasi intensif serta berdasarkan proposal yang diajukan oleh universitas-universitas yang terpilih pada tahap awal.
Adapun kiteria seleksi dan bobotnya adalah sebagai berikut:
1.    Penghargaan yang diraih – 30%
2.    Kehidupan Kampus (mahasiswa) – 20%
3.    Fasilitas (sarana prasarana kampus) – 10%
4.    Penelitian & Pengabdian pada masyarakat – 25%
5.    Kerjasama International – 15%
Kelima kriteria tersebut juga dipakai oleh Asia Week, Times Higher & World Education untuk menentukan Top Ranked Universities secara Internasional.

Prestasi tersebut bukanlah merupakan hal yang mengejutkan, mengingat reformasi dalam bidang akademik dan non-akademik dilakukan sejak tahun 2003 hingga saat ini oleh Yayasan Pendidikan Bunda Mulia, antara lain dengan usaha untuk meningkatkan kuantitas lulusan program sarjana dan pascasarjana, pembangunan kampus baru, serta dukungan infrastruktur teknologi informasi yang terkini.
Alhasil, UBM mampu membuktikan dirinya sebagai sebuah perguruan tinggi yang ”menjanjikan” (promising). Pada periode penyeleksian tersebut, di Kopertis Wilayah III, UBM merupakan 1 (satu) dari 7 (tujuh) perguruan tinggi yang terpilih (info jumlah perguruan tinggi di Kopertis Wilayah III Jakarta adalah 308).

Selain itu, Prestasi terbaru yang diraih kembali oleh Kampus ialah Universitas Bunda Mulia terpilih sebagai Perguruan Tinggi Swasta Unggulan tingkat Kopertis 3 dengan meraih Juara 1 kategori tata kelola dan Juara 1 kategori Pembelajaran, Juara 2 Muaythai Tingkat Nasional, Juara 3 Olimpiade Perpajakan Tingkat Nasional, UBM sebagai Campus Billionaire Award dalam Indosat Stok Trading Contest. Berkat kampus prestasi maka mahasiswa lulusan UBM mudah mendapatkan pekerjaan. Terbukti dengan lebih dari 70% mahasiswa/i lulusan UBM sudah mendapatkan pekerjaan bahkan sebelum hari wisuda mereka.

Wujud kepedulian serta dukungan nya terhadap dunia pendidikan, UBM juga memberikan scholarship program bagi para generasi muda berprestasi, sedangkan demi mendorong motivasi anak-anak muda untuk dapat berprestasi UBM juga sering mengadakan motivational program. Pada periode ini UBM menyelenggarakan Jalur Penerimaan Langsung Tahun Akademik 2016-2017 dengan persyaratan nilai rata-rata rapor minimal 7 di kelas 10 & 11 dapat menikmati potongan uang pangkal (SPP) sampai dengan 100% jika lulus seleksi.

Harapannya, dengan segala bentuk program yang diselenggarakan sebagai bentuk upaya mencetak para generasi muda berkualitas dalam segi knowledge maupun attitude sehingga dapat bersaing dalam derasnya persaingan dunia kerja.