Indonesia Punya Tradisi Tumbilotohe; Gorontalo Gratiskan Minyak Tanah

Indonesia Punya Tradisi Tumbilotohe; Gorontalo Gratiskan Minyak Tanah

Gorontalo, Kabarindo- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo berencana menyiapkan 50 ribu liter minyak tanah secara gratis untuk menyemarakkan tradisi "Tumbilotohe" atau malam pasang lampu.

"Mekanisme pembagiannya masih diatur, tapi yang pasti dibagikan kepada masyarakat secara gratis lima hari sebelum acara Tumbilotohe," kata Kepala Dinas Kehutanan dan ESDM Provinsi Gorontalo, Husen Hasni, Jumat.

Menurutnya, kebijakan tersebut ditempuh setiap tahun untuk mempertahankan tradisi yang digelar setiap tiga hari sebelum akhir Ramadhan.

"Harga minyak tanah nonsubsidi cukup mahal saat ini, sehingga perlu ada bantuan dari Pemprov agar Tumbilotohe tetap semarak," jelasnya.

Sementara itu, Sales Executive Retail Depo Pertamina Gorontalo, Donny Prasetyo mengungkapkan pihaknya turut mendukung pelaksanaan Tumbilotohe, namun tidak bisa menjatahkan BBM bersubsidi untuk itu.

"Pemprov menggunakan BBM non-subsidi yang biayanya ditanggung Pemprov, karena kami tidak bisa ada subsidi ganda di daerah yang sudah melakukan konversi," jelasnya.

Tumbilotohe merupakan tradisi masyarakat Gorontalo di penghujung Ramadhan dengan menyalakan lampu tradisional, yakni botol bersumbu dengan bahan bakar minyak tanah.

Setiap halaman rumah warga dipasangi puluhan hingga ratusan lampu, yang letaknya didesain menurut keinginan masing-masing seperti dilansir dari laman antaranews.