Indonesia Punya Teluk Kiluan Tanggamus; Di Lampung

Indonesia Punya Teluk Kiluan Tanggamus; Di Lampung

Bandarlampung, Kabarindo- Objek wisata pantai Teluk Kiluan, di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung dibanjiri turis terutama dari luar daerah Lampung  menjelang Idul Adha 1434 H/2013 M.

Sejumlah warga yang rumahnya dilalui jalan menuju objek wisata itu, di Kampungbaru, Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, Minggu, mengatakan, sepanjang Jumat hingga Minggu, banyak kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang menuju Kiluan.

"Bahkan pada hari Sabtu ada puluhan orang yang mengendarai motor besar (Moge) asal Jakarta yang menuju Teluk Kiluan," kata warga Kampungbaru, Ayu (45) seperti dilansir dari laman antaranews.

Menurut pedagang makanan itu, belasan turis nasional asal Jakarta yang mengendarai motor besar itu sempat istirahat beberapa puluh menit di rumahnya untuk makan, minum, dan beribadah.

"Ada yang istirahat sambil makan, ada juga yang ke kamar kecil, dan ada pula yang istirahat salat," katanya.

Rombongan pengemudi motor besar asal Jakarta dan umumnya mereka berboncengan itu ada yang dari kalangan masyarakat biasa, ada juga artis, ada pula presenter stasiun televisi nasional.

"Yang mampir kemarin ada yang wajahnya sering mengisi acara di televisi Jakarta," kata Ayu lagi.

Objek wisata Teluk Kiluan terletak di Desa (Pekon) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, selain menyedot wisatawan lokal dan nasional juga asing.

Objek wisata ini terkenal sebagai tempat migrasi lumba-lumba jenis mulut botol.

Hampir tiap hari pengunjung bisa menikmati atraksi lumba-lumba jenis mulut botol ini berseliweran di sekitar Teluk Kiluan, dan biasanya jumlahnya secara bergerombol dan lumayan banyak setiap kali muncul.

Lokasinya di ujung Selatan Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung,  sekitar 70 Km dari pusat Kota Bandarlampung.