Indonesia Punya Pulau Pahawang; Alternatif Wisata

Indonesia Punya Pulau Pahawang; Alternatif Wisata

Pesawaran, Lampung, Kabarindo- Pulau Pahawang di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, layak dijadikan daerah tujuan wisata.

"Pulau ini sudah memenuhi beberapa persyaratan sebagai objek wisata, namun masih perlu perbaikan sarananya," kata Widayanti Bandia, Tim Monitoring Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Pesawaran, Rabu.

Menurut dia, keindahaan alam baik pantai, bawah laut serta alam pegunungan di pulau itu sangat menunjang sebagai daerah tujuan wisata.

"Konsep di pulau ini kalau saya nilai memiliki kesamaan dengan Kepulauan Derawan yang mengedepankan kawasan perumahan masyarakat serta keindahan alamnya," ujarnya.

Apabila hal tersebut dapat terus dipertahankan, ia melanjutkan, pasti ke depan masyarakat Lampung tidak perlu pergi ke Bunaken untuk melihat alam bawah laut karena di daerah itu masih tersimpan pesona wisata yang potensial.

Widayanti menyebutkan, dengan semakin banyaknya kunjungan maka yang harus dipersiapkan adalah oleh-oleh khas daerah itu sehingga wisatawan dapat menunjukkan bukti bahwa Pahawang memang layak jadi pusat wisata.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam APBN Perubahan 2013 menganggarkan dana pendampingan guna mendukung pengembangan sarana wisata di seluruh Indonesia.

"Salah satu daerah yang akan memperoleh adalah Pahawang, jadi kami berharap ke depan dapat lebih memaksimalkan pengembangan daerah wisata ini," ucapnya seperti dilansir dari laman antaranews.