Indonesia Punya Menteri Agama Baru; Sudah Dilantik

Indonesia Punya Menteri Agama Baru; Sudah Dilantik

Jakarta, Kabarindo- Hari ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan bakal melantik Menteri Agama (menag) yang baru, Lukman Hakim Saifuddin.

Sesuai dengan jadwal yang dipublikasikan Biro Pers Kepresidenan, pelantikan berlangsung pukul 10.00 WIB, Senin (9/6) di Istana Negara.

Lukman Hakim diberi kepercayaan menjadi anggota kabinet hitungan bulan menggantikan rekan separtainya Suryadharma Ali (SDA) yang menjadi tersangka korupsi dana haji. SDA merupakan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sementara Lukman adalah wakil ketua umum. Lukman juga merupakan salah satu wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Setelah menjadi tersangka korupsi dana haji, SDA diminta mundur dan digantikan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (menkokesra) Agung Laksono sebagai menag ad interim. Posisi Lukman di kabinet juga merupakan hasil permintaan pihak PPP yang ingin jatah pembantu presiden dari partai politik (parpol) itu tidak jatuh ke pihak lain.

Hal ini tampaknya diluruskan oleh Presiden SBY. PPP merupakan salah satu partai koalisi Partai Demokrat yang mengantarkan SBY menjadi presiden pada Pemilu 2004 dan 2009 silam seperti dilansir dari laman beritasatu.