Indonesia Punya Hari Kebangkitan Produk; Dicanangkan 20 Mei

Indonesia Punya Hari Kebangkitan Produk; Dicanangkan 20 Mei

Jakarta, Kabarindo- Kedua pameran itu menampilkan berbagai produk Indonesia yang berkualitas sekaligus menjadi sarana untuk memperluas akses pasar melalui misi dagang lokal.

Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi ketika membuka secara resmi Pameran Produk Dalam Negeri Regional dan Pameran Pangan Nusa hari ini (Minggu, 20/5) di Semarang, Jawa Tengah, yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional.

Pameran ini rencananya akan berlangsung selama 4 hari dari 20-23 Mei 2012. Dengan mengangkat tema ”Peningkatan Transaksi Domestik Melalui Misi Dagang Lokal ” untuk Pameran Produk Dalam Negeri Regional, serta ”Diversifikasi Pangan Nasional ” untuk Pameran Pangan Nusa, pameran ini digelar guna membangkitkan rasa cinta dan kebanggaan masyarakat terhadap produk dalam negeri serta mendukung keragaman produk pangan nusantara.

Bagi para pegusaha kecil dan menengah di Indonesia, pameran ini dapat menjadi ajang persaingan untuk menjadi UKMyang unggul dalam menghasilkan produk yang bermutu, membangun merek dagang sendiri , serta mampu bersaing di pasar dalam negeri maupun global.

Selain itu, pameran ini juga dapat dijadikan sebagai ajang promosi bagi para
UKM dan sebagai sarana misi dagang lokal yaitu membangun jaringan transaksi penjualan produk-produk UKMantar provinsi dan daerah.

Menurut Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Gunaryo, pameran ini diadakan selain untuk memfasilitasi penjualan langsung antara UKM daerah dengan masyarakat setempat, juga untuk mengembangkan potensi sumber daya daerah yang belum diolah secara maksimal.

“ Pemerintah juga senantiasa memotivasi daerah khususnya kalangan generasi muda agar membangkitkan kecintaan dan kebanggaannya terhadap produk dalam negeri melalui visualisasi peragaan produk-produk unggulan nasional yang berkualitas dunia,” lanjutnya.

Pemilihan Semarang sebagai tempat pelaksanaan pameran tahun ini
adalah berdasarkan pertimbangan lokasi yang strategis di tengah pulau Jawa serta potensial untuk melaksanakan misi dagang lokal . Selain itu, Semarang juga sangat kooperatif dalam menunjang penyelenggaraan pameran.

Selain diselenggarakan di Semarang, t ahun 2012 ini , Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri Regional juga akan dilaksanakan secara berkelanjutan di 3 (tiga) daerah lain yaitu Makassar (6-9 Juni), Medan (28 Juni - 1 Juli) , serta Balikpapan (27 - 30 September).

Adapun peserta yang turut berpartisipasi dalam pameran kali ini berasal dari 8 (delapan) provinsi yaitu Lampung, Kepulauan Riau, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara dan Maluku. Selain itu, terdapat pula beberapa mitra binaan Provinsi Jawa Tengah dan mitra binaan Kementerian Perdagangan yang menempati 95 stan, yang terdiri dari 52 stan Pameran Pangan Nusa dan 43 stan Pameran Produk Dalam Negeri Regional.

Pada kesempatan ini juga diadakan Lomba Masak Makanan Minuman Khas Daerah yang diikuti oleh 26 peserta dari 6 Provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Yogyakarta dan Jawa Tengah sendiri. Lomba ini bertujuan untuk memperkenalkan hidangan menu unggulan khas setiap daerah dan menciptakan produk pangan secara kreatif dan inovatif, dengan dewan juri profesional di bidangnya.

Disamping kegiatan pameran dan lomba, Kementerian Perdagangan akan memberikan apresiasi kepada para pelaku UKM Pangan melalui kegiatan UKM Pangan Award yang akan diselenggarakan di Jakarta bersamaan dengan acara puncak Lomba Masak tersebut pada bulan Oktober 2012.