Indonesia Pets Plants Aquatic Expo (IPPAE) 2013; Siap Di Gelar

Indonesia Pets Plants Aquatic Expo (IPPAE) 2013; Siap Di Gelar

Jakarta, Kabarindo- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerjasama dengan Indonesia Pets Plants Aquatic Ekspo (IPPAE) dan WTC Mangga Dua, Jakarta menyelenggarakan pameran ikan hias berskala internasional bertajuk “Indonesia Pets Plants Aquatic Expo (IPPAE) 2013”.

Salah satunya menampilkan ikan mas koki terbesar di Indonesia senilai Rp 300 juta.

Acara tahunan untuk yang kelima kalinya ini bertujuan mengenalkan ikan hias Indonesia kepada para pehobi di seluruh dunia.

Acara dijadwalkan berlangsung pada 1-8 Desember 2013 di WTC Mangga Dua, Jakarta dan ditargetkan meraup transaksi Rp 10 miliar.

Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Saut P. Hutagalung mengatakan, selama ini ikan hias Indonesia kurang dikenal di mancanegara karena kurangnya promosi.

“Sebaliknya Singapura meskipun tidak memiliki keanekaragaman sumber daya alam (SDA) hayati, namun para pelaku usahanya sangat mendukung para pehobi ikan hias di negaranya dengan menyelenggarakan pameran ikan hias berskala internasional seperti Aquarama”, ungkap dia pada jumpa pers di Jakarta, Sabtu (30/11).

Dijelaskan dia, penyelenggaraan Aquarama di Singapura tersebut mampu mendatangkan jutaan dollar devisa bagi negeri Singa Putih tersebut. "Ajang di Jakarta ini diharapkan arahnya seperti di Singapura," kata Saut.

Saut menambahkan, Indonesia memiliki potensi keanekaragaman hayati yang sudah dikenal di dunia. Dari 1.100 spesies ikan hias air tawar yang ada di dunia, 400 spesies diantaranya berasal dari Indonesia. Selain itu Indonesia juga memiliki 650 spesies ikan air laut.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara IPPAE 2013 Herjanto Kosasih menambahkan, dengan terselenggaranya acara IPPAE yang ke-5 ini dia yakin akan mendongkrak penjualan ikan hias di Indonesia, karena pameran ini berskala internasional sama seperti Aquarama yang dilakukan di Singapura.

Herjanto memperkirakan transaksi penjualan ikan hias selama pameran IPPAE 2013 akan mencapai Rp 10 miliar. "Sejak pertama kali digelar pada tahun 2009 lalu, nilai transaksi yang tercatat sepanjang pelaksanaan IPPAE terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan," kata Herjanto.

Beberapa komunitas akan mengadakan kontes antara lain kontes Ikan Mas koki (IGS) 4 – 8 Desember 2013, kontes Ikan Cupang (BETA) 6 – 8 Desember 2013, kontes Ikan Louhan (P2LI) 5 – 8 Desember 2013. Selanjutnya kontes Burung Paruh Bengkok (IPL) 7 Desember 2013, kontes Reptil 7 – 8 Desember 2013 dan kontes Aquascape 1 – 8 Desember 2013.

Acara IPPAE ke-5 ini juga menghadirkan berbagai satwa dan tanaman yang unik dan menarik antara lain Burung Macow Haycinth yang akan dilepas dengan harga Rp 500 juta, ikan Louhan Golden Base seharga Rp 100 juta, atau ikan mas Koki terbesar di Indonesia yang berharga Rp 300 juta, atau kebayang tidak satu ekor udang dibandrol Rp 10 juta, ada juga Musang albino dibandrol Rp 35 juta.

Bagi pecinta Sugar Glider akan dimanjakan dengan SG Pied Creamino dengan bukaan harga sebesar Rp 35 juta, ada juga Racoon Albino dengan harga Rp 125 juta, atau anda bisa memilih Hedgehog Flip Flop seharga Rp 20 juta, dan akan disajikan pula American Bully yang bernama Bowser anjing Bully jantan umur 3 tahun akan dilepas pemiliknya dengan harga Rp 400 juta.

Tidak ketinggalan untuk tanaman akan dihadirkan tanaman yang popular dengan nama Jaboticaba atau tanaman 7 rasa, Jaboticaba tinggi 3 meter akan dilepas seharga Rp 20 juta, atau anda berminat dengan tanaman Zaitun yang sudah mencapai tinggi 3 meter, tanaman ini bisa ditebus dengan harga Rp 10 juta seperti dilansir dari laman beritasatu.