Indonesia; Perlu Tambahan Setrum 5000 MW Per Tahun

Indonesia; Perlu Tambahan Setrum 5000 MW Per Tahun

Jakarta, Kabarindo- Pada 2015, total kapasitas listrik seharusnya mencapai 135 gigawatt (GW). Dengan kapasitas sebesar 32,9 GW pada 2012, pemerintah masih butuh 112,1 GW dalam waktu 13 tahun.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo.

Ia mengatakan, untuk mencapai target yang sudah ditetapkan, Indonesia perlu tambahan kapasitas listrik sebanyak 5 ribu megawatt (MW) per tahunnya. "Pemerintah terus meningkatkan kapasitas. Memang ini tantangan bagi kami untuk memenuhi kebutuhan energi," ujar Susilo, Selasa (26/11).

Susilo menejelaskan, target tersebut ditetapkan dengan mempertimbangkan pertumbuhan konsumsi listrik. Namun, dia mengaku masih bersyukur dengan kondisi Indonesia saat ini. Sebab, masih banyak potensi yang bisa diolah menjadi alternatif tersebar di banyak wilayah. "Bersyukur karena Indonesia masih punya sumber energi. Dari mulai batubara, gas, minyak, sampai tenaga air. Memang tak banyak, tapi yang penting ada," imbuhnya seperti dilansir dari laman energitoday.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus mendorong lebih banyak pengembangan energi terbarukan (EBT). Sumber EBT diperkirakan bisa mencapai 25% pada 2015. Hampir sama dengan perkiraan kontribusi gas dan minyak dalam total pasokan energi nasional.