Indonesia; Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia 9th World Junior

Indonesia; Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia 9th World Junior

Jakarta, Kabarindo- Indonesia jadi tuan rumah kejuaraan karate bergengsi kelas dunia, “The 9th World Junior, Cadet & Under 21 Karate Championships 2015”.

Rencananya akan dilaksanakan pada 12-15 November 2015 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan - Banten.

Acara ini diselenggarakan oleh organisasi World Karate Federation (WKF) bersama dengan Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) yang dipimpin Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

FORKI untuk menggelar kejuaraan dunia akbar ini, melakukan lobi dan kerja keras serta melalui perjuangan yang cukup panjang sejak di kejuaraan dunia WKF senior (dalam kongres WKF) di Paris tahun 2012, kemudian saat kejuaraan dunia Junior, Cadet dan Under 21 di Guadalahara – Spanyol, Indonesia resmi dipercaya sebagai tuan rumah World 9th Junior, Cadet & Under 21 Karate Championships 2015.

Hingga saat ini sudah 91 negara menyatakan ikut dalam kejuaraan Dunia Karate.  1425 atlet, 262 pelatih, 211 wasit/juri dan 267 official.  Kejuaraan ini akan diikuti oleh tiga kelompok umur yakni Kadet (15-16 tahun), Junior (17-18 tahun), hingga di bawah 21 tahun (U-21), pertandingan terdiri dari 35 kelas.

Kegiatan Kejuaraan Dunia Karate diawali dengan pendaftaran ulang para wasit/juri  tanggal, 6 November 2015 di Hotel Grandzuri BSD City Tangerang Selatan, Penataran dan ujian wasit/juri, 7 – 11 November 2015, di ruang Convention Hall 1A dan 1B ICE.                                                                           

10 – 11 November 2015 kegiatan antara lain pendaftaran ulang peserta atlet, pelatih dan official di Hotel Grandzuri BSD City. Technical Meeting akan dilaksanakan tanggal 11 November 2015 di Hotel Grandzuri BSD City, Tangerang Selatan.

PB. FORKI menyiapkan 45 atlet dan 10 pelatih, saat ini seluruh karateka menjalani Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) di Ciloto, Puncak. FORKI mengharapkan  atlet sukses meraih prestasi terbaik buat negara dan bangsa, dengan dilatih oleh para pelatih nasional FORKI dan Tareq pelatih asal Perancis.  Performa mereka akan terus dipantau hingga Kejuaraan Dunia berakhir. Setelah itu, atlet yang menunjukkan kinerja memuaskan akan terus dibina untuk menghadapi SEA Games 2017 dan Asian games 2018.

Kejuaraan Dunia ini dilaksanakan dua tahun sekali, direncanakan pembukaan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo pada tanggal 12 November 2015 di ICE BSD City Tangerang Selatan – Banten. Pihak Panitia Pelaksana telah menyiapkan 14 Hotel yang ada disekitar BSD City untuk menampung para atlet, pelatih, wasit/juri, official dan supporter.