Indonesia Investor Forum 3; Usung Empat Tema Besar

Indonesia Investor Forum 3; Usung Empat Tema Besar

Jakarta, Kabarindo- Empat media terkemuka Indonesia, Investor Daily, Bisnis Indonesia, MNC Business, dan MetroTV bekerja sama dengan perusahaan iklan dan komunikasi Maestro90 akan menyelenggarakan seminar nasional pada 21-22 Januari 2014.

Seminar tersebut bertajuk Pemerintah, Investor, dan Masyarakat Demi Kesejahteraan Bersama.

"Inti dari seminar itu adalah perumusan solusi atas kegelisahan investor dan masyarakat menyongsong tahun politik 2014," ujar ketua forum konseptor Indonesia Investor Forum 3 (IFF) Suryopratomo di Jakarta, Selasa (14/1).

Dia menuturkan, seminar tersebut akan membahas 4 tema besar sebagai kegelisahan masyarakat ekonomi Indonesia. Pertama, infrastruktur dan mahalnya biaya logistik. Kedua, membenahi daya tarik investasi (langsung dan portofolio). Ketiga, stabilitas nasional sebagai jaminan berinvestasi. Keempat, peranan dunia usaha nasional mendukung Indonesia sejahtera.

Dia menyatakan, masyarakat harus disadari untuk mengaktualisir potensi besarnya pada tahun politik kali ini. Secara historis, tahun pemilu adalah bukti kebangkitan masyarakat. Juga, dalam bidang ekonomi.

Namun, ucap dia, kondisi buruk terus saja mengintai dunia investasi Indonesia seperti defisit ranga empat yaitu defisit transaksi berjalan, defisit neraca perdagangan, defisit neraca pembayaran, dan deficit keseimbangan primer APBN. Serta, besarnya capital outflow dan seretnya FDI.

Selain itu, dia menjelaskan, kondisi itu makin diperparah dengan premanisme yang menjamur, kasus korupsi yang mengakar dalam, terorisme yang terus menjalar, serta berbagai kasus pelanggaran kontrak investasi baik di daerah maupun di ibu kota.

"Kita akan terus mempropagandakan hal-hal positif tentang negara kita tercinta," ujarnya.

Seminar nasional tersebut akan menghadiri 2 keynote speeches yaitu Menko Perekonomian RI Hatta Radasa dan Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto.

Beberapa pembicara yang dijadwalkan hadir adalah Menteri PU Djoko Kirmanto, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Presdir Semen Indonesia Dwi Soetjipto, Presdir dan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo, ketua OJK Muliaman Hadad, Menteri Tenaga Kerja Muhaimin Iskandar, dan banyak pemateri bagus lainnya.

Seminar yang terdiri dari 4 sesi itu akan dimoderatori oleh para pemimpin media massa terkemuka seperti Editor-In-Chief Investor Daily Primus Dorimulu, Pemred MNC Business Arief Suditomo, Direktur pemberitaan MetroTV Suryopratomo, dan pemred Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia.

Acara ini disponsori Multipolar, Lippo Karawaci, Siloam Hospitals, Star Pacific, dan Fist Media. Juga, Sinar Mas dan beberapa korporasi besar lainnya.