Indofood CBP; Sukses Akuisisi Aset Air Mineral Club

Indofood CBP; Sukses Akuisisi Aset Air Mineral Club

Jakarta, Kabarindo- PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) melalui dua anak usahanya PT Tirta Makmur Perkasa (TMP) dan PT Tirta Sukses Perkasa (TSP) mengakuisisi aset Grup Tirta Bahagia (TB), perusahaan di sektor air minum dalam kemasan (AMDK) dengan merek "Club".

Akuisisi aset tersebut mencapai Rp 2,2 triliun.

"Perseroan telah menandatangani conditional sale and purchase of assets agreement (perjanjian) dengan 22 perusahaan yang tergabung dalam Grup TB," kata Direktur Utama ICBP Anthoni Salim dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/11).

Sebelumnya Indofood CBP bersama Asahi Group Holdings Southeast Asia Pte Ltd membentuk perusahaan patungan (joint venture) dengan PT Multi Bahagia untuk memproduksi dan memasarkan AMDK di Indonesia. Selanjutnya perusahaan ini membentuk entitas usaha TMP dan TSP.

Anthoni mengatakan, perjanjian dengan Grup TB ini dilakukan sehubungan dengan pembelian aset yang terkait dengan manufaktur, pemasaran serta kemasan produk AMDK. Aset yang akan diambilalih antara lain meliputi tanah, bangunan, mesin, kendaraan, furnitur & fixture inventory serta merek dagang. "Nilai transaksi tersebut mencapai Rp 2,2 triliun," kaat dia.

Adapun sumber pembiayaannya melalui dana internal dan pinjaman bank. "Diharapkan transaksi rampung pada akhir kuartal pertama 2014," kata dia.

Anthoni mengatakan, aliansi ini memungkinkan perseroan lebih cepat melakukan penetrasi pasar AMDK yang merupakan segmen terbesar dalam industri minuman non-alkohol, yakni mencakup 30 persen dari seluruh pasar minuman non-alkohol di Indonesia.

Penggabungan antara ICBP, Asahi dan Multi Bahagia diharapkan akan menempatkan perseroan pada posisi yang baik untuk menangkap peluang pasar produk ADMK di Indonesia. Langkah ini juga guna memperkuat kegiatan usaha ICBP di industri minuman non-alkohol, serta mempercepat laju pertumbuhan perseroan.

Grup TB telah menyediakan produk AMDK dengan merek Club di seluruh Indonesia sejak didirikan pada tahun 1987. Didukung 19 pabrik dan 22 perusahaan, Grup TB telah berkembang pesat dan menempatkan "Club" sebagai merek AMDK dengan pangsa pasar kedua terbesar di Indonesia seperti dilansir dari laman beritasatu.