Ikatan Pencinta Batik Nusantara; Gelar Pemilihan Finalis Putra Putri Batik Nusantara 2015

Ikatan Pencinta Batik Nusantara; Gelar Pemilihan Finalis Putra Putri Batik Nusantara 2015

Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kabarindo- Dalam rangka melestarikan Batik sebagai karya bangsa Indonesia, dan menumbuhkan rasa cinta terhadap warisan budaya Indonesia di mata dunia, Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN) akhir pekan ini.

Sukses menyelenggarakan malam Final Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2015 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Melalui keberhasilannya dalam penyelenggaraan pemilihan Putra Putri Batik Nusantara selama empat periode ke belakang.

IPBN telah membuka kemungkinan yang lebih luas bagi generasi muda untuk dapat turut serta mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia ke dunia Internasional. Dan dengan berbekal beragam ilmu pengetahuan serta keterampilan mengenai batik, para Putra Putri Batik Nusantara secara bergantian turut serta melestarikan dan mempromosikan batik di dalam dan diluar negeri.

"Selain batik tetap lestari, berkembang dan dikenal di dunia, batik juga telah diakui oleh organisasi dunia yaitu UNESCO sebagai The Intangible Heritage of Humanity, dan batik juga diharapkan menjadi penggerak ekonomi bangsa Indonesia," ujar Ayu Dyah Pasya, Ketua Umum IPBN pada awal sambutannya. Kegiatan ini pun disambut baik dari pihak-pihak yang mendukung, seperti halnya dari Batik Air, Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), The London School of Publik Ralation (LSPR), Bakti Budaya Djarum Foundation dan lain-lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, tutur Ayu Dyah Pasha lanjut. Ini merupakan tahun ke-5 misi IPBN, yang secara tidak langsung, meretas dalam pengewanjahannya, ujarnya.


Adapun kriteria para peserta yang ikut dalam ajang pemilihan Putra Putri Batik Nusantara ini adalah putra putri Indonesia berusia antara 18-25 tahun dan telah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) serta memiliki penampilan yang menarik, cerdas, berkarakter dan kepribadian Indonesia, dan memiliki wawasan luas tentang batik, tinggi badan minimal 172 cm untuk putra dan 165 cm untuk putri, serta juga menguasai bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.


Lingkup kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara IPBN, diawali dengan penjaringan dan seleksi peserta melalui audisi online yang berlangsung sepanjang Juli-Agustus 2014. Proses audisi pun berlangsung sangat ketat. Sebanyak 66 semifinal dari seluruh Indonesia yang berhasil lolos dan berhak mengikuti audisi finalis pada tanggal 30 Agustus 2015 di Jakarta, dan kemudian akan dipilih 14 pasang putra dan putri batik nusantara sebagai finalis dan maju ke babak final malam ini.


Pada kesempatan sambutannya, mewakili Menteri Pariwisata R.I yang berhalangan hadir, Dra. Esthy Reko Astuty M.Si selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dari pihak Ikatan Pencinta Batik Nusantara dalam mendukung, menjaga dan melestarikan budaya batik tanah air, dan meningkatkan industri batik di tanah air sehingga turut memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional, tuturnya.


Pada acara ini, Panitia telah menghadirkan beberapa dewan juri, diantaranya, DR. Sapta Nirwandar, selaku Ketua dewan juri, dan anggota dewan juri antara lain;  Musa Widyatmodjo, Titiek Djoko, Prita Kemal Gani, Dr.Jacky Mussry dan Renitasari Adrian.
Suasana acara, semakin larut malam semakin meriah, karena dari para pendukung masing-masing peserta memberikan semangat kepada para finalisnya.


Acara terus berlangsung dan setelah melewati proses sesi penyisihan beberapa peserta tersebut, dan hingga tersisa 3 finalis putra putri batik nusantara, Suasana makin menegangkan. Beberapa finalis Putra Putri Sambil menunggu hasil dari dewan juri.

Dan akhirnya, dengan disaksikan oleh para dewan juri, dan dihadapan para tamu undangan, Juri menetapkan pemenang Putra Putri Batik Nusantara adalah jatuh pada Putu Nanda Pramadya sebagai Pemenang Juara 1 Putri Batik Nusantara, yang berasal dari daerah Bali dan juri juga menetapkan Iqbal Amarullah sebagai Pemenang Juara 1 Putra Batik Nusantara.
Dengan terpilihnya,  Pemenang Juara 1 Putra Putri Batik Nusantara, maka mereka berdua berhak mendapatkan penghargaan berupa beasiswa S2 di The London School of Publik Ralation dan juga uang tunai sebesar Rp. 50 juta.