ITS Siap Masuki Era PTN-BH; Melalui Akreditasi Internasional

ITS Siap Masuki Era PTN-BH; Melalui Akreditasi Internasional

Surabaya, Kabarindo- Hingga akhir 2014, cukup banyak prestasi gemilang yang berhasil diukir oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, baik di kancah nasional maupun internasional.
 
Dengan sejumlah prestasi yang membanggakan dan pembenahan sistem menjadi lebih baik, ITS telah siap untuk memasuki era menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) dan siap untuk mendapatkan akreditasi tingkat internasional.
 
ITS juga telah membuat pengukuran kinerja terstruktur untuk mengukur ketercapaian menuju Universitas Riset Bereputasi Internasional (URBI). Pengukuran target kinerja yang dilakukan ini untuk periode 201-2019. Saat ini, beberapa kinerja telah berhasil melampaui target yang ditetapkan untuk pencapaian hingga 2019.
 
Beberapa pencapaian yang telah melebihi target yang ditetapkan tersebut antara lain kerja sama riset dan pengabdian pada masyarakat (PPM) dengan dunia industri pada 2014 mencapai 446 kerja sama. Angka ini melampaui target yang ditetapkan hingga 2019 sebesar 350 kerja sama.
 
Pencapaian lain yang melebihi target adalah kerja sama riset dan PPM dengan kalangan industri mencapai nilai Rp. 152 miliar, melebihi target 2019 sebesar Rp. 100,6 miliar. Selain itu, jumlah artikel yang berhasil dicatatkan ITS di jurnal internasional hingga 2014 mencapai 239 artikel, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 224 artikel.
 
Dengan pencapaian kinerja yang bagus seperti itu, ITS siap untuk mendapatkan akreditasi taraf internasional. Dalam waktu dekat ini, ITS akan mendapat visitasi dari ASEAN University Network (AUN), yaitu asosiasi universitas-universitas terkemuka di kawasan ASEAN. Visitasi ini untuk memberikan penilaian terhadap kualitas kampus ITS terkait rencana pemberian sertifikasi AUN terhadap ITS, sehingga nantinya ITS bisa disetarakan dengan universitas-universitas terkemuka berkualitas terbaik di ASEAN.
 
Untuk itu, Rektor ITS, Prof. Dr. Ir. Tri Yogi DEA pada akhir periode kepemimpinannya pada 2015 ini berharap bisa melimpahkan amanah kepada rektor baru nanti untuk melanjutkan prestasi yang telah dirintis selama ini. Ia juga berharap prestasi dan kinerja tersebut akan lebih meningkat nantinya.