ITS Raih Penghargaan Spirit of Atlantic Challenge; Ketiga Kali

ITS Raih Penghargaan Spirit of Atlantic Challenge; Ketiga Kali

Surabaya, Kabarindo- Tim Maritime Challenge ITS (MCI) berhasil meraih trofi penghargaan, Spirit of Atlantic Challenge di ajang bertaraf internasional Atlantic Challenge International (ACI) 2014 yang berlangsung di Vannes, Prancis, baru-baru ini.

Tim MCI tiba di Bandara Juanda Surabaya pada Jumat (8/8/2014) yang disambut sejumlah sivitas akademika ITS dan diarak menuju kampus ITS Sukolilo, Surabaya, menuju gedung Rektorat untuk menerima penyambutan resmi dari Rektor Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA.

Tri Yogi mengatakan, sebagai reward atas prestasi mereka, pihak kemahasiswaan telah merancang penghargaan berupa beasiswa kepada seluruh peserta tim.

Tim MCI Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya merupakan satu-satunya wakil dari Indonesia dan Asia Pasifik yang mengikuti kompetisi tersebut. Perjuangan tim selama delapan hari membuahkan kesuksesan yang patut dibanggakan.

Natya Bestari, salah satu anggota MCI mengatakan, penghargaan tersebut dinilai paling tinggi karena diberikan pada tim yang benar-benar menjalani lomba sesuai filosofinya.

“Tidak hanya bertanding di race, namun juga menjalankan tradisi boat building, fairplay dan menjalin pertemanan antar-negara,” ujarnya.

ACI 2014 mengantarkan tim Indonesia meraih trofi penghargaan Spirit of Atlantic Challenge untuk kali ketiga. Penghargaan pertama diraih tim MCI pada 2002 yang digelar di Rockland, AS, selanjutnya pada 2012 di Bantry, Irlandia. Baru tim Indonesia yang berhasil meraih penghargaan ini sebanyak dua kali. Kapal yang menang pada 2012 adalah Rojo Segoro, kini dipinjam oleh tim Lithuania.

Pada ajang yang digelar dua tahun sekali ini, terdapat lima kategori trofi penghargaan meliputi Atlantic Challenge Trophy, John Kerr Trophy, Spirit of Atlantic Challenge Trophy, Lance Lee Trophy dan L'Esprit.

“Penghargaan ini menjadi begitu prestisius karena penilaian dilakukan dengan cara voting dari peserta dan panitia,” ujar Natya, mahasiswi Jurusan Teknik Sistem Perkapalan.

Tidak hanya para peserta ACI, acara juga diramaikan oleh para peserta dari kompetisi serupa khusus untuk warga lokal, Defi Breton.