ITS Jazz; Jadi Komunitas Jazz Pertama Berbasis Kampus

ITS Jazz; Jadi Komunitas Jazz Pertama Berbasis Kampus

Surabaya, Kabarindo- Musik jazz sering diidentikkan sebagai musik bagi kalangan tertentu, sehingga komunitasnya belum terlalu memasyarakat.

Berlatar hal ini, sekelompok mahasiswa pencinta musik jazz di lingkungan kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membentuk komunitas yang dinamakan ITS Jazz.

Komunitas ini sebenarnya sudah terbentuk pada 2011, namun tidak bisa terkoordinasi dengan baik karena kesibukan masing-masing anggotanya. Kuatnya keinginan dari beberapa anggota untuk menghidupkan kembali komunitas ini, membuat ITS Jazz kembali dibentuk dan secara resmi diluncurkan pada Sabtu (16/6).

Saat ini anggota yang tergabung dalam komunitas ini mencapai 300 orang yang berasal dari berbagai jurusan di ITS. “Sementara ini anggota ITS Jazz ini masih sebatas mahasiswa di lingkungan ITS. Rencananya akan kami kembangkan lagi,” ujar Pramudito Aji Wicaksono, inisiator ITS Jazz, mahasiswa Teknik Kimia semester 8.

Ia ingin menepis anggapan bahwa jazz hanya dinikmati kalangan tertentu. “Kami ingin memasyarakatkan musik jazz di kalangan anak muda, khususnya mahasiswa ITS,” imbuhnya.

Dito berani mengklaim bahwa ITS Jazz merupakan komunitas besar musik jazz yang pertama di kalangan kampus di Indonesia.

Untuk lebih menguatkan komunitas tersebut, dibentuk band di dalamnya yang diawaki enam personil yang juga merupakan anggota ITS Jazz ini. Dito sendiri didapuk sebagai pembetot bass sesuai keahlian yang diasahnya sejak di bangku SD.

Menurut Dito, rencananya akan digelar sejumlah kegiatan tahunan yang cukup besar untuk mengembangkan komunitas. Antara lain berupa clinic music, performing dan jamming dengan beberapa band di luar kampus, termasuk dengan band aliran jazz yang cukup terkenal. Juga diskusi bulanan untuk berbagi ilmu dan berbagai hal seputar musik jazz di Indonesia dan dunia.