IM2; Buka Toko Buku Digital BukuOn

IM2; Buka Toko Buku Digital BukuOn

Surabaya, Kabarindo- PT Indosat Mega Media (IM2) bekerja sama dengan PT Techbator sebagai penyedia platform buku, membuka toko buku digital Bukuon.

Thalhah Fakhrizal, GM Adjacent Business IM2, mengatakan setelah IM2 meluncurkan Tokoon pada 2012 untuk memberikanm fasilitas bagi UKM menjual produknya ke pasar global dengan mudah dan murah, kini BukuOn hadir untuk memacu minat membaca dan menulis yang diharapkan dapat mempercepat peningkatan level kesadaran masyarakat.

Produktivitas Indonesia dalam penerbitan buku masih tergolong rendah, hanya 18.000 judul buku per tahun. Sementara Jepang 40.000 judul, India 60.000 judul dan Cina 140.000 judul buku.

Kehadiran Bukuon memungkinkan user / pelanggan untuk membeli buku dan konten digital secara online melalui aplikasi Bukuon yang dapat diakses secara mobile melalui smartphone, tablet dan laptop.

Menurut Direktur Keuangan & Administrasi Hulman Sidjabat, kehadiran Bukuon akan membantu masyarakat. Mereka yang ingin membeli buku tidak lagi terhalang jarak, biaya dan waktu untuk mencari buku langsung ke tokonya. Cukup dengan perangkat mobile seperti smartphone, tablet atau laptop, sudah bisa mencari buku yang diawali dengan mengunduh aplikasi Bukuon.

“Selain nyaman, membeli buku digital di Bukuon juga lebih murah dan mendukung kebijakan ramah lingkungan karena akan menurunkan penggunaan kertas yang berarti penyelamatan hutan,” ujarnya pada Kamis (17/10).

Yang membedakan antara toko buku digital Bukuon dengan toko buku digital lain adalah fitur teknologi resumable download. Seandainya terjadi interupsi koneksi saat download berlangsung, pelanggan tak perlu khawatir karena Bukuon memungkinkan untuk me-resume download yaitu meneruskan download dari posisi terakhir download yang tertunda baik gambar maupun teks.

Fitur unik lainnya adalah pembelian buku di Bukuon dapat dilakukan secara parsial. Di Bukuon, pelanggan dapat memilih untuk membeli versi lengkap atau membeli per bab atau per segmen sesuai yang diinginkan, sehingga tak perlu membeli seluruh buku jika belum menginginkannya. Misalnya pelanggan membeli Bab 1 lebih dahulu dan setelah merasa buku tersebut menarik, pelanggan dapat melanjutkan membeli bab-bab berikutnya. Atau jika hanya ingin membeli Bab ke-3 atau bab manapun, mereka cukup membeli bagian yang diinginkan.

Unsur keamanan dalam membeli dan membaca sangat diperhatikan oleh Bukuon. Buku digital yang diunduh tersedia dalam format proprietary bukan pdf, sehingga memberikan nilai tambah tersendiri bagi penerbit dan penulis, karena file yang diterima tak bisa digandakan dan hanya bisa dibaca dengan menggunakan aplikasi Bukuon.

“Isu besar dalam penyediaan buku digital adalah rentannya pelanggaran hak cipta penulis dan penerbit. Format proprietary yang kami gunakan, mencegah tindakan pembajakan buku. Karena itu, Bukuon menguntungkan semua pihak,” ujar Thalhah.

Di dalam Bukuon juga tersedia beberapa katalog buku yang terbagi dalam beberapa kategori / genre. Kategori ini mempermudah pelanggan dalam mencari dan memilih buku. Untuk meningkatkan kenyamanan, tersedia fitur antara lain Bookmarking, Manajemen Katalog dan Membaca Buku yang terdiri dari Daftar Isi, Navigasi baik joystick untuk handset non touchscreen maupun touchscreen dengan full gesture control, baik untuk handset touchscreen captive maupun resistive.

“Nantinya Bukuon bukan hanya mengalihkan buku cetak ke buku digital, tapi memungkinkan pembaca untuk berbagi pendapat, berdiskusi dan memberikan komentar di halaman buku. Jadi lebih interaktif,” ujar Thalhah.

Aplikasi Bukuon dapat dilakukan oleh pelanggan yang memiliki perangkat dengan platform Android, yang di-install melalui Google Play Store. Nantinya aplikasi Bukuon juga akan hadir di platform iOS, Mac dan Windows PC.

Untuk menggunakan aplikasi Bukuon, pelanggan cukup melakukan registrasi dengan mengisi data dan menyetujui Terms & Condition yang ditetapkan oleh IM2. Pelanggan yang berhasil melakukan registrasi akan mendapatkan PIN aktivasi yang akan dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan. Selanjutya PIN tersebut diinput di aplikasi Bukuon untuk aktivasi.

Pelanggan dapat membeli ribuan buku dan konten digital di Bukuon dengan range harga mulai Rp. 5.000 – Rp. 100.000. Sebelumnya pelanggan melakukan top up deposit mulai dari senilai Rp. 25 ribu -  Rp. 200 ribu. Metode pembayaran top up deposit dapat dilakukan melalui Dompetku dan transfer seluruh bank di Indonesia.

Aplikasi Bukuon dapat digunakan di 3 perangkat untuk 1 akun, sehingga pelanggan cukup memiliki satu akun sudah bisa membuka Bukuon di beberapa Smartphone, Tablet ataupun PC/Laptop. Perangkat - perangkat tersebut akan bisa disinkronisasi sehingga buku digital yang dibeli di satu perangkat bisa dibaca di perangkat lainnya.

Menjual buku digital di Bukuon memberikan presentase keuntungan yang lebih besar bagi penerbit buku dibandingkan penjualan buku melalui toko konvensional karena menurunkan biaya cetak, penyimpanan dan distribusi.