IIMS 2014; Makin Kreatif Optimalkan Lahan Untuk Peserta

IIMS 2014; Makin Kreatif Optimalkan Lahan Untuk Peserta

Jakarta, Kabarindo– Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap kendaraan roda empat terus meningkat dari tahun ke tahun.

Hal ini sejalan dengan pertumbuhan perekonomian dalam negeri, termasuk pentingnya kendaraan roda empat dalam menunjang aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat. Walaupun beberapa kejadian dan bencana alam terjadi awal tahun ini di tanah air, namun secara umum tidak mengganggu penjualan kendaraan bermotor nasional secara signifikan.

Hal ini tergambar melalui angka penjualan kendaraan bermotor sampai dengan bulan Februari 2014 sebesar 215.275 unit. Jika melirik pada tempo yang sama di tahun 2013, penjualan mobil sebesar 200.029 unit. Ini berarti terjadi kenaikan sebesar 7,6%.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sendiri menilai bahwa meningkatnya aktivitas perekonomian masyarakat di seluruh pelosok tanah air, menjadikan industri kendaraan bermotor juga semakin tinggi. Bahkan, pencapaian tahun 2013 lalu merupakan rekor tertinggi yang  dicapai Gaikindo, yaitu kenaikan 13 persen produksi dan 10 persen transaksi dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan melihat angka penjualan sampai dengan bulan Februari tahun ini, Gaikindo optimis terhadap pencapaian target 2014 sebesar 1.250.000 unit. Hal ini juga didukung oleh inovasi para APM yang menghadirkan berbagai spesifikasi mobil murah yang semakin terjangkau oleh masyarakat di luar Jakarta.

Pertumbuhan industri otomotif dirasa pula efeknya pada persiapan pameran otomotif terbesar di tanah air, Indonesia International Motor Show (IIMS). Setiap tahun pelaksanaan IIMS seakan tak pernah cukup menampung antusias peserta untuk berpartisipasi. Oleh karena itu, tahun ini IIMS kembali memperluas area pamernya menjadi 83.137 m2 atau meningkat 10% dari total luas lahan tahun lalu, 75.101 m2.

Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2014 berharap bahwa dengan kenaikan penggunaan lahan tahun ini dapat memenuhi ekspektasi peserta IIMS 2014. Untuk terus menyempurnakan kualitas penyelenggaraan IIMS, panitia terus berupaya memenuhi kebutuhan dan permintaan dari para pesertanya, salah satunya dengan terus memperluas area pamer. Optimalisasi lahan hanya satu dari berbagai inovasi untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan IIMS 2014. Kenyamanan pengunjung juga menjadi fokus lainnya dari panitia dengan mempersiapkan berbagai fasilitas penunjang, mulai dari kemudahan akses menuju lokasi, persiapan area pamer, serta program unggulan yang lebih beragam.

Johnny juga mengungkapkan bahwa IIMS 2013 merupakan penyelenggaraan yang luar biasa dan memberikan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. “Namun kami tetap bertekad untuk terus menyempurnakan pelaksanaan IIMS tahun ini menjadi lebih baik dan tetap menjadi yang terbesar,” terang Johnny.

Pada pameran yang berlangsung pada 18 - 28 September 2014 mendatang, dengan  tema “Smart & Safe Mobility”, IIMS akan menampilkan 37 merek anggota Gaikindo yang terdiri atas 29 passanger cars dan 8 commercial vehicles.

Dua Premium Brand akan Kejutkan Area Outdoor

Dan yang baru terjadi pada IIMS tahun ini adalah adanya perambahan area pamer dari dua brand premium yakni BMW dan MINI. Selain menambahkan lahan pamer mereka menjadi lebih dari dua kali lipat dibandingkan pada tahun lalu, pada 2014 ini BMW dan MINI juga akan berada di area outdoor. Kejadian ini belum pernah terjadi pada IIMS sebelum-sebelumnya, dimana brand premium juga antusias menempati area outdoor.

Pada IIMS beberapa tahun terakhir di JIExpo Kemayoran, outdoor selalu diisi oleh kendaraan niaga, seperti truk dan bus. Kendaraan ini memang akan lebih optimal ditempatkan di area outdoor, disamping keterbatasan area indoor untuk menampung seluruh kendaraan yang dipamerkan.

Abiyoso Wietono, Manajer Divisi Otomotif Dyandra Promosindo mengutarakan bahwa dengan munculnya brand premium ke area outdoor tentu akan memberikan kejutan tersendiri bagi pengunjung, apalagi didukung oleh desain booth dan program acara yang sesuai dengan medan outdoor. “Kami berharap bahwa segala ‘kesegaran’ yang akan muncul pada IIMS 2014 ini sejalan dengan target panitia untuk selalu meningkatkan kualitas IIMS dari berbagai sisi. Hal ini sesuai dengan positioning IIMS sebagai pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara,” jelas Abiyoso.