IIMS 2013; Jadi Trensetter Mobil Eco Green

IIMS 2013; Jadi Trensetter Mobil Eco Green

Jakarta, Kabarindo- Pertumbuhan mobilitas masyarakat baik di perkotaan maupun pedesaan semakin hari semakin membutuhkan alat transportasi yang memadai.

Kebutuhan alat transportasi berupa kendaraan bermotor dewasa ini terus mengarah pada teknologi ramah lingkungan, mengingat semakin menipisnya cadangan minyak yang menjadi bahan bakar hampir sebagian besar kendaraan bermotor di seluruh dunia.

Tantangan lainnya dalam hal kendaraan bermotor adalah masalah kemacetan yang acapkali menjadi momok bagi masyarakat di kota-kota besar di dunia. Beberapa negara terus melakukan inovasi di bidang transportasi, seperti menerapkan aturan-aturan untuk berkendara di kota-kota besar serta meningkatkan sarana dan prasarana angkutan umum.

Untuk menyiasati mobilitas yang nyaman, masyarakat juga sebaiknya bijak dalam memilih dan menggunakan alat transportasi. Misalnya dengan menggunakan kendaraan umum jika harus bepergian jarak dekat atau seorang diri. Sedangkan untuk yang memiliki kendaraan sendiri, kebiasaan untuk merawat kendaraan dan menyetir tidak kebut-kebutan juga merupakan perilaku berkendara yang efektif dan efisien.

Selain itu, pilihan jenis kendaraan tentu juga berpengaruh pada perilaku berkendara yang pintar, misalnya saja penggunaan mobil-mobil ramah lingkungan dan hemat bahan bakar di wilayah perkotaan. Masyarakat bisa memilih mobil yang diinginkan, namun ada baiknya tetap disesuaikan dengan kebutuhan transportasi sehari-hari.

Pada ajang IIMS 2013, masyarakat kembali berkesempatan untuk menjajal mobil-mobil keluaran terbaru dari APM, yang bisa menjadi pertimbangan sebelum memilih dan membeli kendaraan. Melalui program Test Drive, pengunjung bisa mencoba mobil dari 18 APM peserta IIMS 2013, yaitu Jaguar, VW, Hyundai, Isuzu, Ford, KIA, Tata Motor, Mazda, Renault, Daihatsu, Suzuki, Chevrolet, Mitsubishi, BMW, Dodge, Subaru, Mini dan Mercedez-Benz. Total ada 45 kendaraan yang bisa dicoba oleh pengunjung IIMS 2013.

Area Test Drive menggunakan lahan outdoor yang berada di depan Gedung Pusat Niaga, JIExpo Kemayoran. Area ini terbuka untuk umum mulai pukul 11.00 – 19.00 WIB pada hari Senin – Kamis, dan dibuka mulai pukul 10.00 – 19.00 WIB pada hari Jumat – Sabtu. “Syarat pengunjung bisa mengikuti Test Drive, pengunjung harus memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku, memberikan nomor tiket masuk arena pameran IIMS, serta didampingi oleh Sales dari APM yang bersangkutan,”  terang Abiyoso Wietono, Manajer Divisi Otomotif Dyandra Promosindo.

Subaru Palm Challenge
IIMS 2013 juga kembali dimeriahkan dengan acara Subaru Palm Challenge yang telah diselenggarakan untuk kelima kalinya. Acara ini merupakan tantangan fisik dan mental kepada para peserta untuk memegang mobil Subaru VV selama mungkin. Peserta harus bertahan beberapa jam untuk menguji ketahanan, kekuatan, dan kesabaran untuk bisa memenangkan sebuah New Subaru XV. Kesepuluh finalis dalam kompetisi ini akan disponsori sepenuhnya oleh Subaru untuk berangkat ke Singapura dan bersaing dengan finalis dari negara lain pada bulan Oktober 2013.

IIMS Ajak Pelajar Cintai Otomotif
Unsur edukasi kepada kalangan muda mengenai industri otomotif serta perilaku berkendara yang baik dan pintar selalu menjadi perhatian IIMS. Hal ini merupakan agenda penting, karena merekalah generasi yang akan meneruskan semangat pengembangan industri otomotif yang merupakan tulang punggung industri dan industrialisasi Indonesia, “Seluruh kegiatan yang kami lakukan ini, adalah wujud kepedulian kami dalam memajukan industri otomotif Indonesia. Melalui kegiatan khusus untuk pelajar, kami berharap tak hanya sekadar memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang otomotif, namun juga memberikan motivasi kepada mereka untuk terjun ke dunia otomotif Indonesia kelak,” tutur Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2013.

Sebelum penyelenggaraan IIMS, pada tanggal 26 Agustus sampai 3 September 2013, panitia IIMS mengajak beberapa sekolah untuk mengunjungi beberapa pabrik APM yang berpartisipasi di ajang IIMS tahun ini. Pabrik yang telah dikunjungi oleh para peserta adalah Mercedes-Benz (26 Agustus), Isuzu (27 Agustus), Mitsubishi (29 Agustu), dan Hino (3 September). Melalui kegiatan berdurasi kurang lebih 4 jam  ini para siswa akan mendapatkan gambaran serta penjelasan langsung mengenai proses kerja dari tiap-tiap APM, dan beberapa APM juga akan menyumbangkan mesin/alat peraga sebagai bahan acuan bagi para siswa tersebut.

Pada tahun ini IIMS berusaha memperlebar cakupan sekolah yang akan mendapatkan kesempatan memperoleh edukasi dan pengalaman langsung dari pabrikan merek mobil ternama, oleh karena itu panita IIMS juga akan mengadakan progam Kunjungan Pelajar Nusantara, dimana IIMS 2013 akan memberikan kesempatan kepada pelajar-pelajar sekolah kejuruan di luar Jakarta yang berprestasi untuk bisa mengunjungi pameran IIMS 2013, pada tahun ini sekolah yang terpilih untuk program kunjungan ke area pameran IIMS adalah SMK 1 Sukabumi, dan SMK 5 Makasar, sebanyak 100 pelajar akan menikmati beragam mobil dengan teknologi terkini, dan mereka  dapat juga mengikuti berbagai program berbagi informasi berkaitan dengan dunia otomotif, yang akan dilakukan oleh para pesera IIMS 2013. “Melalui program ini, para pelajar diharapkan memiliki pengetahuan dan minat terhadap otomotif. Selain itu, kami berharap bisa menumbuhkan kesadaran berkendara secara pintar dan taat aturan lalu lintas demi kenyamanan dan keselamatan bersama,” jelas Abiyoso.