IFI Surabaya ; Hadirkan Nuit Blanche Cinema 3

IFI Surabaya ; Hadirkan Nuit Blanche Cinema 3

Surabaya, Kabarindo- Institut Français d’Indonésie - centre de Surabaya (IFI) atau Pusat Budaya Prancis di Surabaya menghadirkan Nuit Blance Cinema 3 di auditoriumnya di kompleks AJBS Surabaya pada Jumat (4/10) mulai pk. 18.30 hingga dini hari (pk.01.00).
 
Menurut Pramenda Krishna A. dari Bagian Budaya & Komunikasi IFI Surabaya, acara ini terinsipirasi dari perayaan Nuit Blanche (baca: nui blanch) di Paris, Prancis. Nuit Blanche (White Night) di Paris dimulai pada 2002 yang diadakan setiap akhir pekan pada awal Oktober di seluruh penjuru kota (di tempat-tempat seni budaya, di jalanan).
 
Kekhasan event ini adalah festival seni dengan beragam acara yang digelar sepanjang malam hingga menjelang subuh. Kini kota-kota lain di dunia turut menyelenggarakan acara dengan konsep tersebut.
 
“Kami kembali bekerja sama dengan Independen Film Surabaya (Infis) menggelar Nuit Blanche bertema sinema yang tahun ini memasuki tahun ke-3,” ujar Krishna.
 
Ia menjelaskan, pada acara kali ini, penonton akan dibuat  terjaga dengan tayangan film beragam genre dan hiburan hingga lewat tengah malam. Film-film yang diputar antara lain film dari Prancis dan Indonesia, terdiri dari film panjang dan film pendek.
 
Pada sesi film pendek karya dari Surabaya akan diakhiri dengan diskusi bersama para pembuat film (filmmakers). Di antara pemutaran film, juga ditampilkan antara lain pentas pantomim yang terdiri dari 3 penampil dari Surabaya Mime Society, penampilan musik dan lainya.
 
“Silakan masyarakat menontonnya. Acara ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya,” ujar Krishna.