Hotel Penuh; Sambut Festival Danau Toba

Hotel Penuh; Sambut Festival Danau Toba

Medan, Kabarindo-  Seluruh hotel dan penginapan di Pulau Samosir, Provinsi Sumatera Utara, penuh menjelang penyelenggaraan Festival Danau Toba pada 8-14 September 2013, kata Bupati Samosir Mangindar Simbolon.

"Terkait penginapan agak khawatir juga karena semua hotel sudah penuh," kata Mangindar yang juga menjadi Ketua Umum Festival Danau Toba (FDT) di Medan, Jumat.

Menurut dia, untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung pada FDT, pihaknya menjalin kerjasama dengan masyarakat sekitar untuk menyewakan rumah atau bangunan lainnya sebagai home stay atau tempat tinggal sementara.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) atau lembaga adat di Samosir untuk menyewakan kantornya sebagai tempat tinggal selama penyelenggraan FDT.

Kemudian, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Kodam I Bukit Barisan untuk meminjamkan tenda-tendanya yang dipasang di sekitar lokasi penyelenggaraan FDT yang akan digunakan untuk menginap atau mengganti baju bagi seniman dan atlet atau peserta lomba yang memeriahkan kegiatan budaya dan pariwisata tersebut.

Tenda-tenda itu akan dilengkapi dengan kamar mandi dan sanitasi lainnya sehingga menjadi layak untuk menjadi tempat tinggal selama selama penyelenggaraan FDT.

"Jadi, seniman dan atlet itu tidak perlu berdesak-desakan di hotel yang telah penuh," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.