Hoki Siap Jadi Anggota KOI; FHI upayakan

Hoki Siap Jadi Anggota KOI; FHI upayakan

Jakarta, Kabarindo- Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Hockey Indonesia (PP FHI) Erizal Azhar mengatakan, pihaknya berupaya agar hockey menjadi anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI) sehingga nantinya cabang olahraga tersebut memiliki akses ke ajang "multi event".

"Saya yakin dengan potensi yang ada, dan nantinya status sebagai olympic sport, maka akan bisa akses ke ajang multi event," kata dia di Jakarta, Selasa.

Erizal mengatakan hockey belum mampu berstatus sebagai anggota KOI karena adanya perbedaan pendapat antar-kepengurusan yang lalu serta belum mendapatkan rekomendasi dari sejumlah pihak.

Status keanggotaan KOI untuk olahraga hockey dibutuhkan agar dapat berpartisipasi di Asian Games 2018 mendatang.

Sebelumnya, kata Elizar, tim hockey putri Indonesia sempat mengikuti ajang SEA Games 2015 setelah mendapatkan ajakan untuk bergabung jelang pergelaran dimulai.

Di SEA Games Singapura tersebut, tim hockey putri Indonesia berada di peringkat empat. "SEA Games Singapura 2015, tim hockey putri Indonesia mengikuti ajang tersebut hanya dengan persiapan tiga minggu," ucap Elizar.

Untuk mengelola potensi tersebut, FHI berniat merekrut pelatih asing untuk membimbing tim nasional hockey. Beberapa nominasi negara asal untuk merekrut pelatih adalah Malaysia, Pakistan, Singapura, dan Australia.

FHI juga sedang menggelar Kejuaraan Nasional Hockey 2015 sekaligus babak kualifikasi PON 2016 yang dilaksanakan 14-29 November 2015 di Jakarta dan Bandung.

Kejurnas diadakan untuk memilih pemain yang akan mengikuti pelatihan nasional untuk SEA Games Malaysia 2017, serta untuk ajang seleksi PON 2016.

Sebanyak 14 provinsi yang mengikuti kejurnas, yaitu Sumatera Utara, Jawa Timur, Papua, Sulawesi Selatan, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Papua Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Riau, Lampung, dan Jawa Barat.

Tujuh tim terbaik dari kejurnas kali ini akan lolos ke PON 2016. Tim hockey dari Provinsi Jawa Barat sudah otomatis lolos karena statusnya sebagai tuan rumah.

Penyelenggaraan kejurnas dan babak kualifikasi PON akan digelar di Jakarta dan Bandung. Pertandingan di Jakarta akan digelar di lapangan hockey kompleks Gelora Bung Karno pada 15-22 November 2015 untuk permainan hockey luar ruangan (11 lawan 11) putra dan putri.

Di Bandung, akan dipertandingkan permainan hockey dalam ruangan (lima lawan lima) putra dan putri pada 25-29 November 2015. FHI bertekad menjadikan kejurnas sebagai momentum kebangkitan olahraga hockey Tanah Air dan kegiatan pembinaan daerah untuk wasit, pelatih, dan pemain muda dari antaranews.