Hari ini; Palembang Mendadak Batik

Hari ini; Palembang Mendadak Batik

Palembang, Kabarindo- Peringatan Hari Batik Nasional di Kota Palembang semakin semarak karena warga ibukota Provinsi Sumatera Selatan itu sadar benar dengan hari berbatik ini.

"Hari ini tanggal 2 Oktober merupakan Hari Batik Nasional, tanpa ada paksaan atau arahan dari siapa pun kami ke kantor menggunakan pakaian batik," kata Renita Yalianti yang bekerja pada PT Bayu Patria Sentosa di Palembang, Jumat.

Menurut dia, kesadaran warga Bumi Sriwijaya ini memperingati Hari Batik Nasional mulai tumbuh, terbukti beberapa kelompok masyarakat, pegawai atau karyawan instansi pemerintah dan swasta terbiasa mengenakan batik.

Ketika hari batik dicanangkan pada 2011, pimpinan perusahaannya membuat instruksi agar seluruh karyawan baik yang di kantor maupun yang bekerja di lapangan wajib menggunakan pakaian batik.

Namun sekarang tidak perlu ada instruksi itu karena masyarakat sudah sadar dengan sendirinya.

"Bagi karyawan, pegawai, perusahaan atau instansi yang dinilai berpenampilan terbaik serta aktif melestarikan batik diberikan hadiah menarik dan penghargaan baik secara kelembagaan maupun perorangan," ujar Renita.

Dosen dan mahasiswa yang tergabung dalam kepengurusan Lembaga Penyiaran Komunitas Universitas Bina Darma Palembang juga memperingati Hari Batik Nasional dengan mengenakan batik.

Sementara itu penanggung jawab siaran Radio Komunitas Bidar Normaliaty Fithry mengatakan selaku pengelola radio dan dosen berupaya mendorong mahasiswa dan komunitas kampus untuk menyemarakkan peringatan Hari Batik.

"Melalui upaya kegiatan rutin yang dijadwalkan di lembaga penyiaran komunitas ini, diharapkan pada peringatan hati batik tahun-tahun berikutnya semakin meriah dan menggunakan pakain batik menjadi suatu kebutuhan," kata Normaliaty seperti dilansir dari laman antaranews.