Hari Raya Lebaran; Jadi Momentum Independensi Jurnalis

Hari Raya Lebaran; Jadi Momentum Independensi Jurnalis

Jakarta, Kabarindo- Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen, Eko Maryadi.

Ia mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah yang sekaligus juga dapat menjadi momen menjaga independensi jurnalis.

"Saya ucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin. Dalam suasana silaturahmi Lebaran, saya juga mengajak jurnalis tetap menjaga independensi," kata dia, di Jakarta, Rabu malam seperti dilansir dari laman antaranews.

Pemerintah melalui sidang Istbat di Kementerian Agama, Rabu petang, telah bersidang dengan pimpinan organisasi-organisasi massa Islam tentang penetapan 1 Syawwal 1434 Hijriah. 1 Syawwal 1434 Hijriah terjadi pada Kamis besok (8/8), sehingga Rabu malam ini adalah hari terakhir bulan Ramadhan alias bulan puasa.

Menurut dia, permasalahan dan tantangan jurnalis di Indonesia sejak lama relatif tetap sama. "Kebebasan pers secara profesional, independensi, dan martabat jurnalis itu sendiri," kata dia, merinci sebagian hal itu.

Eksistensi jurnalis yang independen, profesional, dan bermartabat, kata dia, merupakan hal penting bagi Indonesia menuju alam demokrasi dan demokratisasi yang lebih baik.

AJI memiliki 1.880 anggota di 36 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia sejak didirikan pada 1994. AJI kerap menyuarakan kepentingan peningkatan kesejahteraan jurnalis di Indonesia.