Halim Perdanakusuma; Kembali Dibuka

Halim Perdanakusuma; Kembali Dibuka

Jakarta, Kabarindo- Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo.

Ia mengatakan Bandar Udara Halim Perdanakusuma kembali dibuka mulai pukul 24.00 WIB, pasca senggolan pesawat Batik Air dengan Trans Nusa Senin malam tadi.

"Bandara Halim kembali dibuka untuk penerbangan sejak pukul 24.00 WIB," katanya di Bandara Halim, Jakarta, Selasa.

Bandara Halim Perdanakusuma ditutup sementara menyusul insiden pesawat Batik Air yang menabrak pesawat Transnusa pukul 19.55 WIB tadi.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata mengatakan penutuan itu sesuai dengan "notice to airmen" (Notam) Nomor A1004.

Pesawat Batik Air rute Halim Perdanakusuma - Ujung Pandang, registrasi PK-LBS, nomor penerbangan ID 7703 bersenggolan dengan pesawat Transnusa sesaat sebelum lepas landas pukul 19.55 WIB tadi.

Direktur Utama Lion Air Group Edward Sirait mengatakan pesawat Batik Air sudah "di-release" untuk lepas landas oleh menara pengawas (ATC) dan sewaktu proses lepas landas menyenggol pesawat Trans Nusa yang sedang ditarik oleh traktor (untuk dipindah).

"Karena hal itu Pilot in Command memutuskan untuk membatalkan take off untuk memastikan keselamatan penumpang," kata Edward seperti dilansir dari laman antaranews.