Gunung Merapi; Punya Wisata Volcano Tour

Gunung Merapi; Punya Wisata Volcano Tour

Sleman, Kabarindo- Ada yang menarik saat datang ke Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta saat libur Lebaran ini.

Di sana, ternyata terdapat objek wisata "Volcano Tour" di lereng Gunung Merapi.

Kawasan tersebut luluh lantak terdampak erupsi di tahun 2010 silam.

"Jumlah wisata Volcano Tour hingga H+2 mencapai 2.960 orang terhitung hingga sore hari pukul 15.00 WIB," kata Ketua Pengelola "Volcano Tour Merapi" Bagyo, Sabtu (10/8).

Menurut dia, jumlah wisata "Volcano Tour" pada hari H-1 sebanyak 1.350 wisatawan, pada hari H sebanyak 1.103 wisatawan dan pada H+1 sebanyak 2.653 wisatawan.

Ia mengatakan, "Volcano Tour" selain menyajikan panorama kawasan yang terdampak erupsi Gunung Merapi juga terdapat sejumlah wahana lainnya.

"Ada petilasan rumah mantan juru kunci Merapi Mbah Maridjan di Kinahrejo," katanya.

Selain itu juga kuliner khas lereng Merapi seperti jadah tempe, nasi pecel, wedhang jahe Merapi, bakpia telo dan makanan khas lainnya.

"Ada juga souvenir khas Merapi seperti kaos, berbgai kerajinan tangan dan juga VCD erupsi Merapi," katanya.

Bagyo mengatakan, para pengunjung yang ingin menjelajahi kawasan terdampak erupsi Merapi yang lebih luas dapat memanfaatkan jeep wisata dan motor trail.

"Wisatawan dapat menyewa motor trail atau menggunakan jasa jeep wisata," katanya.

Ia mengatakan, dalam segi keselamatan, terutama di jasa antar sudah ada asuransinya seperti, Jeep, Trail, dan Ojek. Tapi selain itu tidak ada.

"Ada Jasa Raharja Putra. Jadi, untuk mengatisipasi hal yang tidak diinginkan, harus beli karcis," katanya seperti dilansir dari laman beritasatu.