Gudang Regional PMI; Siap Antisipasi Bencana

Gudang Regional PMI; Siap Antisipasi Bencana

Jakarta, Kabarindo- Sebagai bagian dari kegiatan tanggap darurat dan kesiapsiagaan Bencana di Indonesia, Palang Merah Indonesia (PMI) mendirikan gudang regional yang akan menampung kebutuhan logistik darurat untuk sekitar 2.000 kepala keluarga sebagai antisipasi terjadinya Bencana.

Gudang regional PMI ini didirikan di Jalan Tegal Arum, Kabupaten Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Untuk mengawali proses pembangunan gudang regional PMI, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla bersama dengan Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin dan Presiden Palang Merah Singapura Tee Tua Ba melakukan peletakan batu pertama di lokasi pembangunan gudang regional, Senin (16/9). Peletakan batu pertama tersebut disaksikan oleh Duta Besar Singapura Anil Kumar Nayar dan Sekretaris Jenderal Palang Merah Singapura Benjamin William.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menjelaskan, pembangunan gudang regional PMI ini merupakan bagian dari strategi PMI untuk tiba 6 Jam di lokasi bencana setelah bencana terjadi selain juga untuk memudahkan pendistribusian bantuan jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

“PMI harus selalu siaga dan siap untuk merespon segala macam bencana yang terjadi di Indonesia. Untuk itu, respon PMI harus selalu didukung oleh relawan maupun kelengkapan peralatan termasuk gudang logistik yang selalu siaga 24 jam untuk dipoerasikan sewaktu-waktu,” jelas Jusuf Kalla.

Hingga saat ini, PMI telah memiliki 6 gudang regional yang tersebar dan telah dioperasikan untuk menanggulangi bencana yang terjadi di wilayah Indonesia, yaitu di Banten (mencakup wilayah Jawa bagian barat, Kalimantan Barat, dan Lampung), di Padang (mencakup wilayah Sumatera), Kalimantan (mencakup wilayah Kalimantan), di Semarang (mencakup Jawa bagian tengah), di Gresik (mencakup wilayah Jawa bagian timur dan Kepulauan Sumbawa), dan Makassar (mencakup wilayah Maluku, Papua dan Sulawesi).

Pembangunan gudang regional di lahan seluas 10.000 meter persegi tersebut merupakan bantuan dari Palang Merah Singapura dengan total nilai 2 Juta Dolar Singapura. Bantuan ini juga termasuk pembangunan bangunan lainnya, yaitu gudang PMI di Semarang Jawa Tengah, gedung pendidikan dan latihan (diklat) di Surabaya Jawa Timur, dan posko bencana di Jogjakarta.

Peletakan batu pertama pembangunan gudang regional Banjarbaru dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke 68 tahun. Usai acara, Ketua Umum beserta rombongan mengunjungi pameran foto Kilas Balik PMI yang digelar di Q Mall Banjarbaru untuk memperingati HUT PMI.