Gubernur Ganjar; Ikuti Jalan Sehat PMI

Gubernur Ganjar; Ikuti Jalan Sehat PMI

Jateng, Kabarindo- Gubernur Ganjar Pranowo akan bergabung dengan masyarakat Jateng untuk mengikuti Jalan Sehat Kemanusiaan 2013 yang digelar dalam rangka menyambut HUT ke-68 Palang Merah Indonesia (PMI). Ribuan peserta diperkirakan akan mengikuti jalan sehat yang juga diikuti Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla pada Minggu (22/9).

Adapun,jalan sehat ini akan menempuh jarak sekitar tiga kilometer dari Kantor Gubernur- Simpanglima- Jl Pandanaran- Kampung Kali- Simpanglima dan kembali ke Kantor Gubernur.. Beberapa elemen masyarakat seperti Kadin, Rotary, WIC,dan Perguruan Tinggi juga siap memeriahkan jalan sehat yang sekaligus untuk mengkampanyekan gerak kepalangmerahan.

"Insya Allah, saya akan hadir dan mengikuti kegiatan HUT PMI. Ada acara menarik karena melibatkan remaja dan anak muda, ada juga aksi donor darah, PMR (Palang Merah Remaja) dan KSR (Korps Suka Rela- )," kata mantan Wakil Ketua Komisi II DPR itu usai menerima audiensi dengan pengurus PMI Jateng dan Kota Semarang.

Audiensi diikuti Ketua PMI Jateng Sasongko Tedjo, Ketua PMI Kota Semarang Saman Kadarisman, dan Ketua Panitia Jalan Sehat Kemanusiaan Edy Soesanto. Terkait PMI Jateng, Ganjar melihat manajerial kepalangmerahan itu cukup bagus. Sebab, PMI perlahan-lahan mulai mengurangi ketergantungan terhadap APBD Jateng dengan mengundang partisipasi masyarakat Jateng.

"Spirit gotong royong muncul, akan lebih bagus lagi jika banyak mengundang partisipasi masyarakat. Suplai darah juga cukup bagus, bahkan di Kota Semarang tiap hari ada masyarakat berpartisipasi donor darah di pinggir jalan," jelasnya.

Menurut Sasongko, pada HUT PMI tersebut juga akan diadakan Temu Donor Darah Sukarela (DDS) ke-75 dan 50 kali se-Jateng di gedung Gradika Bakti Praja, kompleks gubernuran. "Temu donor darah ini akan diikuti 800 orang DDS, mereka mendapatkan pin dan sertifikat langsung dari Gubernur Ganjar," jelasnya.

Sementara itu, Saman menyambut baik kehadiran gubernur yang akan memeriahkan jalan sehat tersebut. "Misi kegiatan ini adalah mengkampanyekan gerakan kepalangmerahan. Karenanya, kehadiran gubernur juga akan bisa menyemangati anak muda," tandasnya.

Peserta jalan sehat bisa mendaftar dengan membeli tiket seharga Rp 25 ribu yang tersedia di 10 tempat. Pendaftar mendapatkan fasilitas kaus, snack, dan dorprise berupa tiga unit motor, sepeda, kulkas, televisi, dan hadiah menarik lainnya dengan jumlah 68 buah sesuai usia PMI.
Adapun, 10 lokasi pembelian tiket yaitu berada di Markas PMI Jateng Jl. Tanjung 11 A, Gedung Pusdiklat PMI jateng Sambiroto Semarang, Markas PMI Kota Semarang Jl Suyudono 43, FORMI Jateng Jl Kumudasmoro Dalam No.9, RRI Semarang Jl A. Yani 144-146, Obor mas Jl Gajahmada 7, Adi Subari Jl Ledui-Mataram Semarang dan Capung Organizer Jl Erlangga 18 C Semarang.