Goethe Institut; Gelar Festival Film German Cinema

Goethe Institut; Gelar Festival Film German Cinema

Surabaya, Kabarindo- Goethe Institut di Indonesia kembali menggelar festival film German Cinema yang pada tahun ini merupakan ketiga kali.
 
Katrin Sohns dari Goethe Institut Jakarta, mengatakan German Cinema pertama kali digelar pada 2012 yang berlangsung sukses, diikuti pada 2013 dengan jumlah penonton lebih dari 8.000 orang.
 
“German Cinema telah menjadi salah satu agenda kebudayaan Jerman terpenting di Indonesia. Festival ini menghadirkan film-film terbaik berbahasa Jerman untuk penonton di Indonesia. Event ini terbuka untuk umum dan gratis,” ujarnya.
 
Menurut Katrin, German Cinema bertujuan menampilkan lanskap perfilman Jerman saat ini dan membangkitkan minat terhadap film-film Jerman yang telah banyak berkembang dengan perspektif yang segar, sutradara-sutradara muda serta aktris dan aktor berbakat.
 
Event tahun ini memutar 14 film yang telah terseleksi dengan cermat dan merupakan produksi baru yang sudah diakui kualitasnya di tingkat internasional. Film yang diputar diantaranya Fenster zum Sommer (Summer Window), Zwei Leben (Two lives) dan Oh Boy. Semua film dilengkapi teks terjemahan Bahasa Inggris.
 
Untuk melengkapi festival film tersebut, Goethe Institut akan menghadirkan tiga tamu kehormatan dari Jerman yaitu aktris Nina Hoss dan Fritzi Haberlandt serta sutradara Nöel Dernesch.
 
German Cinema diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Banda Aceh, Yogyakarta, Palu, Balikpapan, Denpasar dan Makassar. Di Jakarta pada 22-26 Agustus, Bandung di Ciwalk XXI  (23-25 Agustus), Surabaya di Sutos XXI (23-25 Agustus), Yogyakarta di Empire XXI (24-26 Agustus), Banda Aceh di Episentrum Ulee Kareng (24 Agustus), Palu di RRI Palu (26-28 Agustus), Balikpapan di Ewalk XXI (27-28 Agustus), Bali di Bentara Budaya Bali (28-30 Agustus) dan Makassar di Panakukkang XXI (30 – 31 Agustus).