Global Peace Festival Indonesia; Membanggakan....!

Global Peace Festival Indonesia; Membanggakan....!

Makassar, Kabarindo- Global Peace Festival Indonesia Foundation (GPFIF) akan  menyelenggarakan International Multifaith Youth Assembly (IMYA) di Makassar pada 25 hingga 28 September 2013. Bertempat di Colonial Hotel Makassar, IMYA akan mempertemukan seratus pemuda dari berbagai negara untuk berdialog tentang keberagaman keyakinan. Mengangkat tema “Spreading Seeds of Peace and Love through New Interfaith Paradigm for the 21st Century”, kegiatan ini bertujuan untuk menyebarkan semangat toleransi antar umat beragama kepada generasi muda di Indonesia.

Ketua Pelaksana IMYA 2013, Dewirini Anggraeni menyatakan dirinya berharap agar pemuda Indonesia bisa menjadi role model bagi toleransi umat beragama. “Saya berharap pemuda Indonesia bisa menjadi teladan dalam pelaksanaan konsep toleransi umat beragama. Selain itu pemuda Indonesia juga diharapkan bisa menjadi pemersatu bangsa dalam keberagaman keyakinan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Sesuai dengan konsep Bhinneka Tunggal Ika  yang telah menjelaskan bagaimana pluralisme melekat pada masyarakat Indonesia.”

Kota Makassar dipilih sebagai tempat pelaksanaan IMYA 2013 karena Makassar merupakan gerbang menuju Indonesia timur, dan sebagai cerminan bagaimana pemuda di Makassar yg selama ini identik dengan berbagai peristiwa kekerasan, juga sebenarnya aktif dalam mengkampanyekan perdamaian. Serta mempromosikan pemuda sebagai agen perdamaian untuk menebar benih cinta kasih sebagai satu keluarga sesuai dengan visi dari Global Peace Festival Indonesia Foundation yaitu satu keluarga yang berketuhanan (One Family under God),” tutur Dewirini.

International Multifaith Youth Assembly merupakan acara yang bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih kepada para pemuda di seluruh dunia mengenai pentingnya saling memahami dan bertoleransi antar umat beragama, serta memahami pentingnya hidup untuk saling membantu melalui paradigma lintas iman. Melalui IMYA 2013, diharapkan terlahir pemimpin muda yang tidak hanya cerdas, namun memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya memelihara dan menjaga keberagaman dalam masyarakat.