Gayus Lumbuun; Terpilih Jadi Ketua Ikahi MA

Gayus Lumbuun; Terpilih Jadi Ketua Ikahi MA

Jakarta, Kabarindo - Hakim Agung Gayus Topane Lumbuun terpilih sebagai ketua Ikatan Hakim Indonesia (Ikahi) di Mahkamah Agung.

Guru besar hukum administrasi negara yang kerap bersuara lantang terhadap sesuatu yang dianggapnya melenceng itu, mengungguli dua hakim agung lainnya dalam pemilihan ketua Ikahi yang beranggotakan seluruh hakim di lembaga peradilan tertinggi tersebut.

Gayus yang memasuki tahun kedua sebagai hakim agung dari jalur nonkarir meraih suara terbanyak dengan 47 pemillih, dan disusul oleh hakim agung Abdul Manan memperoleh 231 suara, serta Andi Samsan Nganro dengan 36 suara.

Sesuai terpilih sebagai ketua Ikahi di MA, Gayus mengatakan, dia akan menaruh masalah pembinaan sebagai
salah satu programnya.

"Pengawasan akan lebih memberi hasil optimal bila dibarengi dengan penguatan pembinaan, bukan hanya soal teknis yuridis tapi juga pembinaan atas aspek integritas dan moralitas," ucap Gayus kepada SP di Jakarta, seperti dilansir dari laman beritasatu.

Selama dua tahun kiprahnya di MA, Gayus yang pernah tujuh tahun menjadi anggota DPR dikenal sebagai sosok hakim agung yang tidak diam ketika ada sesuatu persoalan yang dipandangnya menyalahi ketentuan.