GESS INDONESIA; Siap Gelar Pameran Pendidikan

GESS INDONESIA; Siap Gelar Pameran Pendidikan

Jakarta, Kabarindo- Global Education Service and Solution (disingkat GESS), pemimpin dunia di bidang pameran dan konferensi pendidikan, akan menyelenggarakan pameran pendidikan pertamanya di Indonesia.

Tak hanya sekedar pameran, tapi GESS menghadirkan lebih dari 200 perusahaan skala internasional yang menampilkan berbagai produk pendidikan dan konsultan pendidikan yang dapat meningkatkan kualitas pengajaran.

GESS rencananya akan digelar pada tanggal 30 September – 2 Oktober 2015 bertempat di Jakarta Convention Centre (JCC). “GESS akan menjadi forum untuk berdiskusi mengenai pendidikan di Indonesia. Tujuannya adalah untuk membantu memajukan pendidikan di Indonesia. Pameran ini akan menjadi ajang pertunjukan terobosan pendekatan metode pengajaran abad ke-21, teknologi pengajaran, dan menjadi forum diskusi pengajar nasional dan internasional. Dengan adanya GESS, para pelaku di bidang pendidikan diharapkan memiliki kemudahan akses untuk berinteraksi langsung dengan para pengambil keputusan atau orang yang berpengaruh di dalam sektor pendidikan.“ ujar Matt Thompson, Project Director F&E Education.

Pendidikan masih menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia. Namun pada saat yang bersamaan, pasar jasa pendidikan di Indonesia juga terus berkembang. “Memajukan pendidikan di Indonesia akan memerlukan kolaborasi kohesif antar semua pihak, baik dari pemerintah, penyedia jasa pendidikan swasta, pasar tenaga kerja, dan pelaku di bidang pendidikan. GESS diharapkan dapat menjadi platform tahunan bagi seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk bertemu, berdiskusi, dan berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia.” Lanjut Matt Thompson, Project Director F&E Education.

Berbagai macam isu terkait dengan guru adalah salah satu contoh tantangan yang masih marak di Indonesia. Bahkan, APBN 2015 mengalokasikan Rp 254 triliun dari Rp 409 triliun dana fungsi pendidikan untuk diserahkan langsung ke daerah dan ditujukan pada guru. Itulah mengapa PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) juga turut mengambil andil besar di dalam acara ini.

GESS bukan sekedar pameran pendidikan yang hanya menampilkan produk-produk andalan dari tiap vendor, tapi dalam GESS terdapat berbagai program seminar atau talk show pendidikan yang dikemas ke dalam 3 hari bersama para pakar pendidikan nasional dan internasional, beberapa diantaranya adalah:
-       UNESCO keynote : Prof. Dr. Arief Rachman, Enhancing Education for Achieving Sustainable Development.
-       Workshop : Teacher Professional Learning – Tony Brandenburg, International Educational Consultant
-       The Strategies to Achieve National Education Standards in School – Dr. Ramli Zakaria, Secretary Badan Nasional Pendidikan (BSNP)
-       Facing Another Challenge After Graduation: Getting a Job – Faridah Lim, Country Manager
   
Program-program tersebut akan membantu penyelenggara pendidikan Indonesia untuk berkembang dan membuka diri agar mereka mampu menciptakan terobosan baru dan memanfaatkan teknologi untuk kebutuhan mengajar.