FourColour Films Gandeng Kineforum DKJ; Siap Tayangkan SITI

FourColour Films Gandeng Kineforum DKJ; Siap Tayangkan SITI

Cikini, Jakarta, Kabarindo- Anda sudah pernah tahu ada studio dari Kineforum berkapasitas 30-40 seat yang berada di lingkungan TIM Cikini Jakarta ?

Bioskop untuk film dokumenter, film pendek, film indie, film animasi atau film festival yang dioperasikan oleh Kineforum Dewan Kesenian Jakarta.

Tepatnya berada di belakang XXI TIM, posisinya yang berada di belakang Galeri Cipta III dan studio XXI - Taman Ismail Marzuki dari rilis yang diterima redaksi.

Komite Film Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan kineforum siap menggelar program dukungan terhadap film-film non profit Indonesia.

Film SITI yang disutradarai oleh Eddie Cahyono sebagai film non profit akan diputar selama seminggu penuh, dengan jadwal pemutaran sehari tiga kali seperti pemutaran film di bioskop.

Diproduseri oleh Ifa Isfansyah, raih apresiasi dari pengamat film dan budaya populer Hikmat Darmawan.

Ia mengatakan bahwa dalam SITI, tergambar betapa dalam lumpuh pun, lelaki masih mampu mendominasi perempuan. Tapi, film ini tak hendak menyajikan perempuan sebagai korban. SITI adalah sebuah narasi tentang kekuatan.

Apalagi menurut Dima Jayasrana, IFI film SITI ini adalah film Indonesia terbaik 2015.

Anda bisa nonton gratis pukul 14.15 tapi untuk penayangan sore hari dan malam yaitu pukul 17.00 dan jam 19.30 ada donasi Rp. 10.000 untuk Senin-Jumat sementara untuk Sabtu-Minggu itu donasinya Rp. 20.000 saja.

Redaksi cukup takjub saat menonton film Siti yang berbeda dari kebanyakan film Indonesia kebanyakan. Dibuat dengan format hitam putih dan pengambilan gambar menggunakan aspek rasio 4:3 dengan tujuan agar dapat menonjolkan kehidupan Siti, tokoh utama film ini yang resah, bosan, dan penuh tekanan untuk bayar hutang sementara ia tidak berdaya dengan kemiskinan dan suami yang tergeletak tak bisa bekerja karena lumpuh.

Siti harus berjuang walau tempat karaoke yang ia gantungkan harapan untuk mengais rejeki ditutup oleh polisi. Ia pun dengan sang mertua berjualan kripik tradisional dengan bantuan teman-temannya.

Film ini sangat menarik dengan subtitle bahasa Inggris dan semua dialog dalam bahasa Jawa yang tentu saja menyulitkan Anda yang berasal dari suku lain karena tidak ada terjemahan bahasa Indonesia, sang sineas dan produser menyangka penontonnya akan mengerti bahasa tersebut barangkali.

Redaksi saat berbincang dengan Totot Indarto selaku Ketua Komite Film DKJ berupaya inisiasi untuk pertama kalinya, Kineforum memutar film non profit selama seminggu penuh dengan jadwal pemutaran sehari tiga kali sama seperti bioskop menjadi alternatif dan ini gebrakan agar pemerintah dan pihak swasta mau peduli atas film-film seperti SITI.

Dibintangi oleh Sekar Sari, Bintang Timur Widodo, Titi Dibyo, Ibnu Widodo, Haydar Saliz dengan durasi 88 menit.


Penasaran ?